Kompas.com - 17/03/2021, 13:01 WIB
Ilustrasi kucing di dalam kardus. PIXABAY/KAYLAFLAMIlustrasi kucing di dalam kardus.

JAKARTA, KOMPAS.com - Perilaku kucing yang lucu dan menggemaskan menjadikan mereka sebagai hewan peliharaan favorit oleh kebanyakan orang. Salah satu tingkah menggemaskannya adalah mereka menyukai berada di dalam kotak atau kardus.

Dilansir dari Treehugger, Rabu (17/3/2021) kucing menyukai kotak karena memungkinkan kucing untuk bertindak berdasarkan naluri mereka, memberi mereka kesempatan untuk bermain, aman, tidur, kehangatan, berburu, dan menandai wilayah mereka, semuanya dalam selembar karton terlipat.

Kardus Mengurangi Stres

Dua penelitian berbeda yang mengamati kelompok kucing di penampungan hewan menemukan bahwa memiliki kotak yang tersedia untuk bersembunyi dalam tingkat stres yang berkurang secara signifikan pada kucing secara keseluruhan, dengan satu penelitian lebih jauh dan menggambarkan bahwa selain mengurangi kecemasan, berada di dalam kotak membantu kucing untuk beradaptasi ke lingkungannya lebih cepat.

Baca juga: 6 Tanda Kucing Merasa Bosan, Apa Saja?

Khususnya saat kucing bertransisi ke lingkungan baru (seperti saat baru diadopsi), berada di dalam kotak atau ruang tertutup serupa yang merupakan wilayah khusus untuk kucing Anda dapat membantu mereka masuk ke lingkungan yang tidak biasa. 

Pun pengalaman yang membuat stres dapat berdampak negatif bagi kesehatan kucing dalam jangka panjang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kardus Membantu Kucing Bersembunyi

Seperti kebanyakan mamalia, keamanan bagi kucing berarti tempat berlindung untuk bersembunyi yang bisa disediakan oleh kotak kardus.

Sebagian besar pemilik kucing terbiasa dengan kemampuan kucing untuk menghilang segera setelah ada orang baru masuk ke tempatnya, atau ia mendengar suara keras, dan kotak membantu memfasilitasi hal ini.

Baca juga: Simak, Cara Menjauhkan Kucing agar Tak Buang Air di Halaman Rumah

Khususnya dalam situasi yang tidak biasa, sebuah kotak dapat menjadi tempat persembunyian bagi kucing Anda sampai ia diliputi rasa ingin tahu yang pasti dan memutuskan untuk datang menjelajah.

Halaman:


Sumber Treehugger
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X