Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aturan dan Tips Keamanan Dapur yang Perlu Dilakukan

Kompas.com - 12/02/2021, 08:11 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seberapa sering kamu menekankan aspek keamanan pada ruang dapur di rumahmu? Nah, tidak sedikit orang mungkin tidak menyadari bahwa terkadang kecelakaan bahkan kematian bisa terjadi di dapur.

Ada banyak benda berbahaya yang hadir di dapur yang bisa mengancam keselamatan, seperti, pisau tajam, peralatan listrik, kompor gas, dan lain-lain.

Jika benda-benda berbahaya tersebut ditangani tanpa perawatan dan kehati-hatian, maka itu dapat menyebabkan konsekuensi dan cedera yang serius.

Baca juga: 11 Hal di Dapur yang Bisa Membuatmu Sakit

Oleh karena itu, sangat penting untuk menerapkan keamanan dapur dasar untuk memastikan tidak ada kecelakaan.

Dilansir beberapa sumber, Jumat (12/2/2021), pada artikel ini, kamu akan diperkenalkan dengan beberapa tips keamanan yang akan membantumu menciptakan lingkungan memasak yang aman.

1. Berhati-hatilah

Bersikap santai dapat menyebabkan korban, oleh karena itu hal pertama dan terpenting yang harus kamu perhatikan adalah berhati-hati serta waspada.

Kapanpun kamu berhati-hati dan waspada serta tahu apa yang kamu lakukan, itu mengurangi kemungkinan kecelakaan. Kebanyakan kecelakaan biasanya terjadi ketika seseorang tidak memerhatikan apa yang mereka lakukan.

Baca juga: 6 Benda di Dapur yang Bisa Digantung

Jangan anggap enteng dapurmu karena mirip dengan tempat kerja manapun, artinya membutuhkan perhatian dan konsentrasi darimu untuk hasil yang efektif, dan dalam hal ini hasil yang efektif adalah keamanan.

2. Perhatikan pakaian saat memasak

Ya, dapur bukanlah tempat untuk berpesta dan berdandan dengan perhiasan. Namun, kamu harus memerhatikan pakaian apa yang kamu kenakan saat memasak.

Pakaian longgar, pakaian poliester atau sutra dilarang saat bekerja di dapur. Jenis pakaian ini menambah risikomu terkena kebakaran yang tidak disengaja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com