Kompas.com - 22/12/2020, 10:54 WIB
Ilustrasi kucing masuk ke kardus. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICAIlustrasi kucing masuk ke kardus.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi seseorang yang memelihara kucing, kamu pasti pernah melihat kucing peliharaanmu masuk ke dalam kotak kardus untuk bersembunyi, bersantai bahkan tidur di dalam sana.

Fakta yang diketahui secara luas bahwa kucing menyukai kotak. Ini adalah fenomena yang membingungkan sebagian besar pemilik kucing.

Dilansir dari beberapa sumber, Selasa, (22/12/2020), dalam artikel ini kamu akan menjelajahi mengapa kucing menyukai kotak kardus dan mengapa kotak kardus menjadi tempat tidur dan berburu yang sempurna untuk kucing.

Baca juga: Mengapa Kucing Punya Kumis? Ini 10 Fakta yang Perlu Diketahui

Mengapa kucing menyukai kotak kardus?

Ada banyak alasan kucing menyukai kotak, tetapi yang utama adalah karena mereka memiliki ruang tertutup.

Kucing adalah predator penyergap dan menemukan tempat terbatas di mana mereka dapat bersembunyi, berburu mangsa, dan merasa aman serta hangat, ini adalah perilaku naluriah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Kucing makhluk cryptic

Menurut Stephen Zawistowski, penasehat pencegahan kekerasan pada hewan di Amerika, ada alasan khusus mengapa kucing suka masuk ke dalam kotak kardus adalah karena kucing termasuk hewan cryptic.

Itu artinya, kucing termasuk hewan yang suka bersembunyi. Kotak kardus dan tempat sempit lainnya, memberikan perasaan nyaman dan aman bagi kucing.

Baca juga: 7 Jenis Kucing yang Paling Panjang Umurnya, Apa Saja?

Ketika kucing masuk ke dalam kotak kardus, kucing merasa bisa melihat apapun yang akan mendekat ke arahnya.

2. Kotak kardus aman

Kucing mendapatkan kenyamanan dan keamanan dari ruang tertutup, itulah sebabnya mereka suka menghabiskan waktu di kotak kardus.

Kucing menggunakan kotak kardus sebagai tempat persembunyian di mana predator tidak dapat menyelinap ke arah mereka dari samping atau belakang.

Jika kucingmu berada di dalam kotak kardus, setiap "penyusup" seperti mangsa, manusia, atau hewan peliharaan lainnya harus datang langsung ke bidang penglihatan mereka, artinya tidak ada yang dapat mengejutkan mereka.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.