Kompas.com - 16/12/2020, 12:19 WIB
Ilustrasi desain rumah sempit. SHUTTERSTOCK/CINEMATOGRAPHERIlustrasi desain rumah sempit.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mahalnya harga tanah membuat luasan rumah kini semakin terbatas. Namun, rumah sempit jangan membuat Anda membatasi diri untuk mendekorasi rumah agar tetap cantik.

Dengan sejumlah trik dekorasi mudah, rumah sempit Anda bisa tampak lebih luas serta tentunya fungsional dan nyaman pula.

Nah, apa saja trik dekorasi rumah sempit agar tampak lebih luas? Dilansir dari Women's Weekly Singapore, Kamis (16/12/2020), berikut uraiannya.

Baca juga: Trik Mudah Bikin Apartemen Sempit Jadi Terasa Luas

1. Warna muda

Warna cat dinding muda dan cerah akan memantulkan cahaya ke seisi ruangan, sehingga ruangan tampak lebih luas. Warna yang dipilih tidak harus putih, tapi bisa juga warna-warna pastel.

Selain itu, warna-warna muda ini lebih mudah dirawat ketimbang warna gelap.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Ukuran furnitur proporsional

Kurangnya luas ruangan tidak berarti Anda harus memilih furnitur kecil. Sebaliknya, barang-barang kecil yang campur aduk dapat menciptakan kekacauan visual.

Meskipun Anda masih harus mendapatkan furnitur yang proporsional dengan ruang, tetap gunakan beberapa furnitur yang menonjol untuk tampilan yang tetap rapi.

Baca juga: Simak, Tips Merawat Furnitur Kayu Selama Musim Hujan

3. Cermin

Cermin langsung bekerja membuat ruangan tampak lebih luas tanpa banyak usaha. Cermin tidak hanya memantulkan interior ruangan, menciptakan ilusi ruang yang lebih luas, tetapi juga memantulkan cahaya di sekitar ruangan.

Pilihlah cermin tinggi dan penuh untuk mendapatkan efek maksimal, atau cukup sandarkan cermin ke dinding sebagai aksen fungsional dan bergaya.

4. Pintu geser atau dinding kaca

Ingin aliran spasial yang lebih baik, tanpa memakan banyak tempat? Pilih pintu geser yang dapat dibiarkan terbuka saat tidak digunakan, atau dinding kaca. 

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.