Wallpaper atau Cat, Mana yang Lebih Bagus untuk Dinding Rumah?

Kompas.com - 09/12/2020, 10:27 WIB
Ilustrasi mengecat. Ilustrasi mengecat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada suatu saat ketika tengah merenovasi sebagian rumah, kamu mungkin harus memutuskan untuk memilih antara wallpaper atau cat di beberapa titik untuk dinding di rumahmu.

Jika kamu tidak yakin mana yang harus dipilih, dalam artikel hari ini akan dibahas mengenai kelebihan dan kekurangan antara mengecat dinding atau memasang wallpaper untuk membantumu ambil keputusan.

Dilansir dari Decortips, Rabu, (9/12/2020), wallpaper adalah elemen yang pasti akan memberikan sentuhan tertentu pada ruangan di rumahmu.

Baca juga: Tips dan Trik Memilih Warna Cat Dinding agar Rumah Lebih Cerah

Saat ingin memasang wallpaper pada dinding rumah, kamu harus memperhitungkan apakah rumahmu baru atau tidak. Jika demikian, tidak akan sulit untuk memilih antara satu opsi atau lainnya.

Namun, jika sudah tua, kamu mungkin hanya bisa mengecat karena kondisi dindingnya. Ini akan tergantung pada situasi dan mungkin untuk menutupi ketidaksempurnaan dengan wallpaper.

Faktor lain yang akan memengaruhi keputusanmu adalah biaya dan keserbagunaan ruangan yang ingin kamu ubah.

Wallpaper

Wallpaper merupakan mode. Selain menjadi sumber estetika semata, wallpaper adalah alternatif yang lebih sugestif untuk membuat dinding terlukis sempurna.

Baca juga: Cat Bahan Dasar Air Lebih Sehat dan Ramah Lingkungan

Sebelum menilai kelebihan dan kekurangannya, kamu harus tahu berbagai jenis wallpaper yang ada seperti di bawah ini.

1. Kertas

Wallpaper ada yang terbuat dari kertas dan alas kain, dan ini adalah bahan yang paling tahan banting dan ideal untuk area dengan sedikit keramaian.

Bahan ini adalah opsi paling elegan dan menawarkan hasil terbaik. Namun, wallpaper bahan ini tidak mudah dibersihkan karena bisa rusak jika basah.

2. Kain bukan tenunan

Wallpaper kain bukan tenunan terbuat dari alas tekstil dan vinil. Berbeda dengan bahan kertas, wallpaper bahan ini sangat tahan terhadap perubahan warna yang disebabkan oleh sinar matahari dan kelembapan. Wallpaper ini sempurna untuk area ramai.

Halaman:


Sumber Decortips
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X