Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedak Tabur hingga Kopi Bisa Atasi Efek Tanaman Beracun, Caranya?

Kompas.com - 07/12/2020, 12:08 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Umumnya tanaman beracun akan mengakibatkan alergi, mual, muntah, dan gatal.

Tidak hanya kepada manusia, tanaman yang beracun berbahay bagi hewan peliharaan. Maka dari itu, memilih tanaman hias secara cermat merupakan hal yang penting sehingga dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dilansir dari Balcony Garden Web, Senin (7/12/2020)  tidak semua tanaman yang memiliki getah susu beracun, namun beberapa di antaranya beracun.

 

Baca juga: Meski Indah, 5 Tanaman Ini Ternyata Beracun

Untuk memastikannya, Anda bisa mempelintir daunnya dengan menggunakan sarung tangan apakah tanaman tersebut memiliki getah atau tidak.

Biasanya ada beberapa tanaman bergetah seperti pohon ara serta ficus dapat menyebabkan iritasi kulit pada orang yang sensitif.

Beberapa tumbuhan umum yang mengeluarkan getah susu adalah calotropis, milkweed, pepaya, tumbuhan genus euphorbia, dan bunga balon. Selanjutnya tanaman atau bunga yang berbentuk payung merupakan ciri-ciri tanaman beracun, biasanya tanaman jenis ini tumbuh di daerah yang lembap.

Lantas, tanaman hias apa saja yang memiliki racun?

Baca juga: 9 Tanaman Hias yang Beracun, Caladium hingga Philodendron

Ditemukan beberapa tanaman hias seperti peace lily, pothos (sirih gading), caladium, Hedera (English ivy), lidah mertua, dieffenbachia, philodendron, lili calla, dan singonium.

Lalu, bagaimana jika tanaman hias beracun ini sudah mengenai kulit? Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasinya, mulai dari bedak hingga kopi.

1. Bedak

Bersihkan area yang terinfeksi dengan air, keringkan, dan oleskan sedikit alkohol. Kemudian, taburkan sedikit bedak yang sudah diberi obat untuk membuat pasta berwarna putih.

Biarkan di kulit dan balut kapas di sekitar area yang terinfeksi untuk mengisolasi ruam.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com