Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/12/2020, 11:27 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari Natal identik dengan pohon cemara yang dihias cantik. Kebiasaan memasang pohon Natal sebagai dekorasi Natal dimulai dari Jerman.

Pemasangan pohon Natal yang umumnya dari pohon cemara, atau mengadaptasi bentuk pohon cemara, itu dimulai pada abad ke-16.

Saat penduduk Jerman menyebar ke berbagai wilayah termasuk Amerika, mereka pun kerap memasang cemara yang tergolong pohon tak lekang waktu untuk dekorasi Natal di dalam rumah.

Baca juga: 9 Ide Dekorasi Natal di Rumah

Dari catatan yang ada, orang Jerman di Pennsylvania, Amerika Serikat memajang pohon Natal untuk pertama kalinya pada tahun 1830-an.

Namun, sebenarnya pohon natal bisa dibuat dari berbagai bahan yang ada di dalam rumah, loh. Dilansir dari The Spruce, Rabu (2/12/2020), pohon tiruan atau pohon alternatif ini memiliki kelebihan, yakni lebih unik, menghemat ruang, waktu, serta biaya.

1. Kayu dan lampu hias

Pertama, Anda bisa membuat pohon natal tiruan dengan menggunakan kayu yang disusun seperti bentuk pohon yang dikombinasikan dengan lampu hias. Pohon ini bisa diletakkan menempel di dinding, sehingga dapat menghemat ruangan.

Untuk menyatukan kayu satu dengan lainnya, Anda bisa menggunakan benang.

Baca juga: 5 Inspirasi Dekorasi Natal untuk Ruang Keluarga

2. Kertas dan cat 

Anda juga dapat membuat pohon natal dari kertas yang dilukis pohon natal kemudian ditempelkan ke dinding. Gunakan kertas besar sebagai latar belakang kemudian cat gambar pohon natal dengan warna putih.

3. Koleksi foto

Beberapa lembar koleksi foto juga bisa menjadi alternatif untuk membuat pohon natal tiruan. Rangkai foto hingga membentuk pohon natal yang bisa ditempelkan di dinding. Kemudian tambahkan lampu untuk mempercantik tampilannya.

4. Pipa tembaga

Potongan pipa tembaga juga bisa menjadi opsi untuk membuat pohon natal alternatif. Potong pipa tembaga dengan membentuk pohon natal, kemudian kaitkan dengan benang putih sisi satu dengan yang lain lalu gantungkan berbagai aksesori natal lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com