Kompas.com - 02/12/2020, 07:36 WIB
Ilustrasi tanaman tomat yang harus rutin dipangkas tangkainya. SHUTTERSTOCK/FOTOKOSTICIlustrasi tanaman tomat yang harus rutin dipangkas tangkainya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat dan menumbuhkan tanaman bukan hanya tentang pencahayaan yang baik, pemupukan, dan penyiraman yang seimbang.

Beberapa bahan di dapur pun ternyata bisa membantu pertumbuhan tanaman Anda. Sebut saja baking soda, cuka, dan minyak zaitun, yang bisa membantu menumbuhkan tanaman, mengusir hama, dan memastikan tanaman Anda dalam kondisi cantik.

Nah, apa saja bumbu dapur tersebut dan manfaatnya untuk tanaman? Dilansir dari Taste of Home, Rabu (2/12/2020), berikut penjelasannya.

Baca juga: 5 Jenis Tanaman Hias, Sudah Tahu?

1. Baking soda membuat bunga mekar

Baking soda dapat membantu membuat bunga mekar. Caranya, taburkan baking soda pada permukaan tanah.

Baking soda akan membuat tanaman bunga, seperti geranium, echinacea atau coneflower, daylily, dan clematis, bermekaran dengan indahnya. Sebab, baking soda bersifat basa dan bunga tumbuh subur di tanah yang basa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Baking soda bikin tomat lebih manis

Tanah yang lebih basa membuat tomat lebih manis. Untuk memanen tomat yang lebih manis, cukup taburkan baking soda di permukaan tanah di kebun.

3. Cegah jamur di tanaman dengan baking soda

Meskipun baking soda tidak membunuh jamur, Anda dapat menggunakannya untuk mencegah jamur karena alkalinitasnya menciptakan lingkungan yang tidak mendukung pertumbuhan jamur.

Baca juga: Tak Hanya Cantik, Ini Manfaat Tanaman Gantung untuk Kesehatan

Cukup aduk satu sendok teh baking soda ke dalam satu liter air dan semprotkan ke daun tanaman yang rawan jamur, termasuk misalnya tanaman tomat dan lilac.

4. Ubah warna bunga hydrangea dengan cuka

Tidak seperti baking soda, cuka putih suling bersifat asam. Adapun tanah asam adalah rahasia untuk mengubah warna bunga hydrangea dari pink menjadi biru.

Cuka juga meningkatkan kualitas tanah tanaman yang menyukai asam seperti azalea, rhododendron, dan gardenia. Gunakan secangkir cuka suling putih ke satu galon air keran.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.