Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/12/2020, 09:12 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing peliharaan terkadang memiliki tingkah misterius yang membuat setiap pemiliknya terus menebak-nebak tentang banyak hal, salah satunya berkaitan dengan air yang jadi musuh besar saat membasahi bulu-bulu mereka.

Kucing sangat menghindari percikan air mengenai tubuh mereka, sehingga jangan heran kalau mereka kerap banyak berulah saat dimandikan.

Mungkin kamu belum pernah tahu pasti mengapa kucing sangat 'membenci' air, tetapi para ahli mengungkapkan alasan di balik itu, seperti dilansir dari laman resmi Purina, Rabu, (2/12/2020).

Baca juga: Usia Berapa Kucing Dianggap Sudah Tua?

1. Air membebani tubuh kucing

Bayangkan harus membawa selimut basah yang basah di bahu hingga kering kembali. Prinsip serupa juga diterapkan pada kucing dan air.

Saat seluruh bulunya basah kuyup, kucing akan merasa tertekan dan tidak bisa bergerak dengan tingkat kelincahan normalnya.

Hal ini menjadi pengalaman yang tidak nyaman bagi kucing yang suka menjalani hidup dengan gaya berjalan yang lincah dan mudah.

2. Sejarah evolusi kucing

Alasan lain mengapa kucing membenci air adalah karena sejarahnya. Tidak banyak latar belakang kucing yang merekomendasikan tubuh mereka untuk berinteraksi dengan air, baik kucing kecil maupun besar.

Baca juga: 6 Superfood untuk Kucing, Apa Saja?

Nenek moyang kucing hidup di tempat kering dan gersang yang berarti sungai atau lautan bukanlah halangan yang harus mereka hadapi, sehingga naluri mereka sejak awal tidak berhubungan dengan air.

3. Kucing bisa mencium bau bahan kimia di dalam air

Mencium bau adalah indera yang paling andal dari kucing. Meskipun seseorang mungkin tidak dapat mendeteksinya, bahan kimia dalam air keran memberikan bau tertentu yang akan langsung terdeteksi oleh hidung anak kucing yang sensitif.

Tidak apa-apa untuk mencelupkan kaki kucing sesekali, tetapi jika bulunya terendam dalam cairan yang tidak berbau seperti bau bulu seharusnya, menjadi alasan mereka tidak suka air.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com