Kompas.com - 01/12/2020, 16:48 WIB
Ilustrasi mesin cuci SHUTTERSTOCK/EVGENY ATAMANENKOIlustrasi mesin cuci

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci pakaian menggunakan mesin cuci telah menjadi cara praktis yang tidak akan menguras tenaga dan waktu seseorang, sehingga bisa melakukan pekerjaan lainnya di rumah.

Namun, terkadang sebagian orang cukup mengkhawatirkan jumlah pemakaian air dan listrik yang digunakan saat mencuci dengan mesin cuci, takut tagihan membengkak.

Pada hakikatnya, mencuci pakaian dengan mesin cuci tidak selalu membuat tagihan air dan listrik jadi membengkak, asal mereka jeli dan tahu cara menghemat energi ketika menggunakan mesin cuci.

Baca juga: Panduan Memilih Mesin Cuci Sesuai Kebutuhan

Dikutip dari beberapa sumber, Selasa, (1/12/2020), terdapat beberapa langkah agar proses mencuci pakaian dengan mesin cuci bisa hemat air dan listrik.

Agar mencuci menggunakan mesin cuci tidak boros air dan listrik, terdapat 2 hal yang memengaruhi, yakni pilihan mesin cuci dan cara mencuci.

Agar tidak membuat tagihan air maupun listrik jadi naik, kamu perlu membeli mesin cuci hemat energi yang memiliki watt paling rendah.

Saat ini sudah banyak jenis mesin cuci yang diciptakan dengan pemakaian watt kecil namun hasilnya untuk membersihkan pakaian tetap maksimal.

Baca juga: Mesin Cuci Bukaan Atas Vs Bukaan Depan, Mana yang Lebih Bagus?

Oleh karena itu, kamu perlu memilih membeli mesin cuci yang benar-benar hemat listrik dan pemakaian air dengan bertanya kepada penjual atau mengumpulkan informasi di internet.

Tips hemat energi pada saat mencuci

Jika kamu telah terlanjur memiliki mesin cuci dengan watt yang tidak terlalu rendah, maka masih ada cara lain untuk menghemat listrik dan air, dengan cara mencucinya seperti di bawah ini.

Atur temperatur mesin cuci

Beberapa jenis mesin cuci ada yang memiliki desain pengaturan suhu pada saat mencuci dan pengeringan. Untuk menghemat listrik, kamu bisa mengatur suhu mesin cuci yang disesuaikan dengan jumlah cucian yang dimasukkan.

Selain menghemat listrik, upaya satu ini juga dapat menjaga agar serat kain tetap lembut dan tidak mudah rusak.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X