Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tepung Terigu Juga Bisa untuk Membersihkan Peralatan Dapur, Caranya?

Kompas.com - 24/11/2020, 19:10 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tepung terigu adalah bahan baku makanan serbaguna yang wajib ada di dapur, sebab dapat diolah menjadi beragam hidangan.

Namun, tahukah Anda bahwa tepung terigu juga memiliki manfaat lain, yakni membersihkan beragam peralatan dapur? Ya, tepung terigu memang sebegitu serbagunanya.

Dilansir dari Reader's Digest, Selasa (24/11/2020), berikut ini serangkaian manfaat tepung terigu untuk membersih peralatan dapur.

Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun di Rumah, Bersihkan Talenan hingga Engsel Pintu

1. Membersihkan peralatan yang terbuat dari tembaga dan kuningan

Anda tidak perlu membeli pembersih mahal untuk membersihkan dan membuat peralatan masak maupun pajangan berbahan kuningan dan tembaga. Anda bisa menggunakan tepung terigu.

Caranya, campurkan tepung terigu, garam, dan cuka dalam takaran seimbang. Aduk ketiga bahan tersebut hingga menjadi pasta.

Sebarkan pasta tersebut secara merata pada bagian panci atau pajangan yang ingin dibersihkan. Diamkan hingga kering, lalu lap dengan kain yang bersih dan kering.

Baca juga: 10 Manfaat Baking Soda, Bersihkan Dapur hingga Hilangkan Bau Kulkas

2. Bikin tempat cuci piring bersih dan mengilap

Tempat cuci piring yang berbahan stainless steel sudah tampak kusam? Anda bisa membuatnya mengilap dan bersih kembali dengan tepung terigu.

Caranya, taburkan tepung di atas tempat cuci piring dan gosok perlahan dengan kain lembut dan kering. Kemudian, bilas wastafel mengembalikan kilaunya.

3. Mengusir semut

Taburkan tepung terigu di sepanjang bagian belakang rak dapur dan di mana pun Anda melihat semut memasuki rumah. Karena dihalangi oleh tepung, semut tidak akan melewati batas tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com