Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, 7 Hal yang Menyalahi Aturan Desain Ruang Tamu

Kompas.com - 19/11/2020, 19:44 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Boldsky

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang tamu adalah jantung dari sebuah rumah yang memberikan kesan pertama pada orang lain, yang mana secara tidak langsung merepresentasikan sikap dan kepribadianmu.

Biasanya, saat mendekorasi ruang tamu, kamu hanya akan memikirkan kesukaan dan hasrat, tetapi tidak memerhatikan kesalahan desain yang mungkin bisa dilakukan saat menata ruang tamu.

Berikut ini beberapa kesalahan umum seseorang dalam mendekorasi ruang tamu di rumahnya, dilansir dari Boldsky, Kamis, (19/11/2020).

Baca juga: 5 Ide Dekor Ruang Tamu yang Nyaman dan Instagrammable

1. Pencahayaan

Jika pencahayaan di ruang tamu tidak diatur dengan benar, maka itu akan merusak ruang tamu milikmu. Hanya memanfaatkan cahaya dari tengah-tangah ruang tamu adalah kesalahan terburuk.

Oleh karena itu, sekrang juga pastikan ruang tamumu memiliki cahaya dari berbagai sisi.

2. Karpet tidak sesuai

Selalu pastikan karpet yang kamu gunakan sesuai dengan ukuran dan bentuk ruang tamu. Hati-hati juga saat memilih warna karpet ketika diletakkan di bawah meja tamu.

3. Penempatan

Pastikan semua furnitur ditempatkan dengan benar. Menyimpan TV di ruang tamu adalah salah satu contoh kesalahan umum yang cukup banyak dilakukan seseorang saat mendesain ruang tamu.

Baca juga: Ingin Nuansa Ruang Tamu yang Teduh? Pilih Warna-warna Ini

4. Sofa menempel ke dinding

Menjaga sofa tetap bersentuhan dengan dinding adalah kesalahan besar lainnya. Jika menurutmu hal ini akan membuat ruang tamu terlihat lebih luas, sebenarnya itu merusak tampilan ruang tamumu.

5. Warna dinding gelap

Penggunaan warna dinding yang gelap akan membuat ruangan terlihat kecil dan tak bernuansa. Jika kamu menyukai warna gelap, gunakan ini untuk menyorot satu dinding dan gunakan warna terang di semua sisi lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com