Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mengecat Pagar Kayu dengan Benar dan Mudah

JAKARTA, KOMPAS.com - Pagar rumah merupakan bagian rumah yang berguna untuk menjaga privasi dan keamanan rumah. 

Tak hanya itu, pagar juga bisa membuat tampilan rumah terlihat lebih menarik. Maka dari itu, pagar rumah perlu didekorasi secantik mungkin, salah satu caranya yaitu dengan mengaplikasikan cat ke pagar. 

Cara mengecat pagar berbeda dengan mengecat dinding, terutama jika pagar terbuat dari kayu. Butuh perlakuan khusus agar cat bisa menempel sempurna dan menghasilkan warna yang menarik. 

Dikutip dari Real Homes, Sabtu (20/4/2024), berikut cara mengecat pagar kayu dengan benar.

Primer kayu eksterior

Bersihkan area sekitar pagar

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum mengecat pagar yaitu membersihkan area di sekitar agar terlebih dahulu. 

Buang semua gulma dan semak belukar yang tumbuh di sekitar pagar. Jika ada tanaman hias di dekat pagar, maka sebaiknya pindahkan terlebih dahulu agar tanaman hias tidak terkena cat. 

Setelah area sekitar pagar bersih, pasang terpal atau plastik lebar di bawah pagar untuk mencegah tetesan cat mengenai tanah atau bagian lain yang tidak diperlukan. 

Bersihkan dan rapikan pagar

Langkah selanjutnya yaitu membersihkan dan memperbaiki pagar. Langkah ini bertujuan untuk memastikan pagar terbebas dari paku, sekrup, maupun dekorasi. 

Jika ada kotoran yang menempel di pagar, maka ini saat yang tepat untuk membersihkannya. Gunakan air dan detergen atau pemutih untuk menghilangkan kotoran di pagar kayu. 

Ampelas pagar sampai halus

Apabila ingin mengecat pagar yang sudah dicat dan mengelupas, maka sebaiknya ampelas terlebih dahulu pagar tersebut secara perlahan. 

Chris Bonner dari Gardeningexpress.co.uk, mengatakan bahwa pagar perlu dibersihkan dan dikeringkan terlebih dahulu sebelum dicat. 

Maka dari itu, jika pagar sudah pernah dicat, maka perlu diampelas terlebih dahulu agar hasil pengecatan baru lebih rata dan cantik. 

Cara mengecat pagar kayu berikutnya yaitu mengaplikasikan lapisan primer. Pengaplikasian primer bertujuan untuk mencegah pertumbuhan jamur dan memastikan hasil akhir terlihat sempurna karena primer bisa membuat cat merekat sempurna. 

Gunakan kuas atau roller cat dan aplikasikan selapir primer. Usahakan tidak mengaplikasikan primer terlalu tebal agar tidak menetes atau mengalir ke sisi lain pagar. 

Beberapa lapis tipis lebih efektif, dibandingkan mengaplikasikan satu lapis tapi tebal. Setelah diaplikasikan, jangan lupa untuk menunggu primer sampai kering sempurna sebelum mengaplikasikan cat. 

Mengaplikasikan cat

Setelah primer kering, langkah berikutnya yaitu mengaplikasikan cat menggunakan roller atau penyemprot cat. Aplikasikan cat dari atas ke bawah dan lakukan secara hati-hati agar hasil akhirnya sempurna. 

Cek bagian yang tersembunyi dan pastikan untuk mengecat area tersebut. Tunggu beberapa jam sampai cat pagar kering dan cek kembali kondisinya. 

Jika warna cat kurang terlihat, maka aplikasikan lapisan kedua. Namun, jika warna cat sudah cukup terlihat dan menarik, maka cukup gunakan satu lapis cat. 

Lepaskan terpal plastik dan bersihkan alat yang digunakan

Setelah selesai mengecat, lepaskan terpal yang ada di bawah pagar. Selanjutnya, bersihkan alat yang digunakan untuk mengecat, lalu simpan kembali dengan benar. 

Jika masih ada sisa cat di dalam kaleng, tambahkan label yang berisi informasi tanggal menggunakan cat dan pastikan tutupnya bersih serta rapat untuk menjaga kualitas cat. Lalu, simpan sisa cat di tempat yang terhindar dari sinar matahari langsung. 

https://www.kompas.com/homey/read/2024/04/20/204000876/cara-mengecat-pagar-kayu-dengan-benar-dan-mudah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke