Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mudah, Cara Membuat Bingkai Cermin di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Cermin merupakan ornamen dekorasi yang bisa mempercantik ruangan. Selain membuat ruangan lebih cantik, cermin juga bisa membuat ruangan terlihat lebih luas dan lapang karena bisa memantulkan cahaya yang masuk ke dalam ruangan. 

Sebagai ornamen dekorasi, membingkai cermin yang terpasang di dinding merupakan cara yang mudah dan murah. Bingkai cermin bisa didapatkan dengan mudah di e-commerce maupun toko barang-barang dekorasi rumah. 

Namun, jika ingin memiliki bingkai cermin yang eksklusif dan tidak biasa, bingkai cermin bisa dibuat sendiri di rumah dengan mudah. 

Dikutip dari The Spruce, Senin (8/4/2024), berikut cara membuat bingkai cermin dengan mudah dan cepat. 

Ukur cermin terlebih dahulu

Langkah awal yang perlu dilakukan sebelum membuat bingkai cermin yaitu mengukur cermin menggunakan pita pengukur. 

Lalu gunakan angka-angka tersebut untuk menghitung banyak potongan papan kayu yang harus dibeli. 

Dimensi bagian dalam bingkai harus sedikit lebih kecil dari cermin untuk memberikan permukan perekat di bingkai. 

Membeli papan potong

Cara membuat bingkai cermin selanjutnya yaitu membeli papan potong sesuai dengan ukuran cermin. Papan sebaiknya dipasang sekitar 5 sampai 10 cm untuk hasil terbaik. 

Saat ini, papan potong dijual dalam berbagai ukuran panjang. Jadi, pastikan membeli papan sesuai ukuran yang dibutuhkan untuk meminimalisir limbah. 

Memotong sudut papan dengan gergaji

Berikutnya, ujung papan perlu dipotong membentuk sudut 45 derajat menggunakan gergaji. Sisi panjang potongan atas dan bawah harus sesuai dengan panjang cermin. 

Sedangkan bagian samping harus sesuai dengan tinggi cermin. Setelah dipotong, ampelas papan untuk memperhalus permukaannya. 

Langkah selanjutnya yaitu merekatkan papan ke cermin menggunakan perekat yang kuat. Mulailah dari bagian bawah.

Oleskan banyak perekat di dekat tepi luar papan. Cara ini akan mencegah lem terpantul di cermin setelah papan dipasang. 

Pegang papan dengan kuat pada tempatnya selama beberapa waktu sesuai dengan petunjuk. Lalu, gunakan selotip untuk mengencangkan papan pada tempatnya hingga lem benar-benar kering. 

Merekatkan bagian sisi dan atas papan

Cara merekatkan bagian samping sama seperti merekatkan bagian bawah papan yakni dengan menggunakan tepi cermin sebagai acuan. 

Untuk menambah kekuatan, tekan tepi papan yang disatukan. Pastikan untuk menghilangkan sisa perekat. Selesaikan bingkai dengan merekatkan bagian atas di tempatnya. 

Aplikasikan dempul sesuai dengan kebutuhan

Cara membuat bingkai cermin yaitu melepaskan selotip dengan hati-hati setelah lem kering sempurna. Lalu, isi sambungan papan yang longgar dengan dempul. 

Lap bersih dan biarkan bingkai kering. Jika menggunakan kayu alami yang tidak akan dicat, langkah ini bisa dilewati. 

Lakukan finishing

Finishing bingkai bisa dilakukan menggunakan cat. Untuk tampilan rustic, pilih warna yang lapuk. Sedangkan jika ingin menampilkan bingkai cermin yang sederhana dan bersih bisa menggunakan cat putih. 

Cara mengaplikasikan cat pada bingkai cermin yaitu dengan mengencerkan cat terlebih dahulu. Lalu, aplikasikan tipis dengan lap, bukan kuas. Untuk tampilan yang bersih, cukup gunakan cat lateks sesuai dengan keinginan. 

https://www.kompas.com/homey/read/2024/04/08/161700876/mudah-cara-membuat-bingkai-cermin-di-rumah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke