Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Manfaat Busa Cukur untuk Membersihkan Rumah

Produk pokok dari perawatan pria ini sebenarnya dapat melakukan lebih dari sekadar memberikan potongan yang bersih dan rapi. 

Ada banyak hal yang bisa dibersihkan dengan busa cukur di sekitar rumah, yang membuat beberapa produk komersial yang Anda percayai kalah bersaing. 

Faktanya, komunitas Cleantok di media sosial telah membagikan banyak trik pembersihan yang berguna dengan busa cuka ini.

Jadi, mengapa busa cukur sangat baik membersihkan kotoran dan noda?

Pada dasarnya, busa cukur adalah sabun batangan yang dikocok. Sabun ini mengandung bahan aktif, seperti bahan pembersih, surfaktan, dan pengemulsi yang biasanya ditemukan dalam sabun atau cairan rumah tangga.

Sama dengan lemon, bahan-bahan dasar seperti itu tidak mahal, tapi efektif digunakan. Terlebih lagi, Anda tidak perlu berurusan dengan bahan kimia keras atau bau menyengat yang didapat dari bahan pembersih lain, seperti pemutih.

Maka itu, jika Anda kehabisan pembersih atau ingin cara membersihkan yang cepat, ambillah busa cukur. 

Disadur dari Tom's Guide, Selasa (12/3/2024), berikut sejumlah manfaat busa cukur untuk membersihkan rumah. 

Cukup semprotkan sedikit busa cukur pada kain serat mikro, oleskan tipis-tipis pada permukaan cermin, lalu biarkan sekitar satu menit sebelum menggunakan kain/handuk kering untuk menggosok busa sampai benar-benar bersih.

Hal ini tidak hanya akan membuat kaca bebas kabut, tetapi juga membuat cermin bersih dan menghilangkan noda. 

Noda furnitur berbahan suede

Selanjutnya, manfaat busa cukur untuk membersihkan rumah adalah membersihkan noda pada furnitur berbahan suede.

Tutupi noda yang ada pada furnitur suede dengan busa cukur dan biarkan selama 20 menit agar busa tersebut bekerja.

Dengan menggunakan kain lembap dan bersih, seka busa dengan lembut hingga noda hilang. Berhati-hatilah tidak membasahi area tersebut. Ulangi sampai semua residu hilang dan biarkan kain mengering.

Metode ini hanya disarankan untuk busa cukur, bukan gel, karena dapat menodai atau merusak kain secara permanen. 

Oleskan sedikit busa cukur ke area noda, kemudian biarkan selama 10 menit untuk mengendap, seka busa dengan kain bersih dan lembap hingga tidak ada sisa-sisa yang tertinggal. Ulangi jika perlu sampai noda benar-benar hilang.

Bersihkan bak mandi dan wastafel 

Manfaat busa cukur untuk membersihkan rumah lainnya adalah membersihkan bak mandi, wastafel, dan kotoran di kamar mandi.

Semprotkan busa cukur ke sikat atau sapu yang bersih dan lembut sebelum menggosok bagian dalam bak mandi untuk menghilangkan sisa sabun dan kotoran.

Kemudian bilas bak mandi dengan baik dan Anda akan mendapati bak mandi bersih dan berkilau kembali. Hal yang sama juga berlaku untuk membersihkan wastafel dan kepala shower. 

Bersihkan nat ubin

Busa cukur dapat membersihkan nat dan menghilangkan noda pada keramik. Cukup oleskan busa cukur ke dalam garis nat dan biarkan selama 10 menit hingga satu jam, tergantung seberapa kotornya.

Setelah itu, gunakan sikat nat kecil atau sikat gigi bekas untuk menggosok kotoran yang menempel sebelum membilas nat secara menyeluruh dengan air.

Busa cukur yang dihasilkan akan membuat noda membandel mudah terangkat dan lebih cepat dibersihkan. 

Selain itu, manfaat busa cukur untuk membersihkan rumah dapat digunakan untuk membersihkan lantai.

Cukup sebarkan busa di sekitar kloset dan biarkan selama beberapa jam sebelum mengepelnya. Busa cukur juga bisa menghemat penggunaan penyemprotan atau pengharum ruangan lainnya. 

Oven yang kotor

Terakhir, manfaat busa cukur untuk membersihkan rumah adalah membersihkan oven. Semprotkan pintu oven, bagian samping, dan bagian bawah oven dengan busa dan biarkan meresap setidaknya 30 menit hingga satu jam.

Setelah itu, ambil kain bersih dan lembap untuk membersihkan kotoran pada oven. Busa cukur dengan cepat mengurai residu kotor sehingga memudahkan Anda membersihkannya tanpa memakai minyak siku. 

https://www.kompas.com/homey/read/2024/03/12/071700876/7-manfaat-busa-cukur-untuk-membersihkan-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke