Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Membersihkan Kepala Shower yang Mampet

Namun, seiring waktu, shower mengeluarkan aliran air yang kecil, seperti tetesan atau semprotan berkabut. 

Hal ini menandakan kepala shower yang tertutup kotoran dan sudah waktunya membersihkan shower. 

Mineral dalam air dapat menumpuk dan menghalangi bukaan pada shower yang membuatnya menjadi tersumbat.

Penyumbatan tersebut bahkan dapat mencegah bagian dalam shower mengering sepenuhnya saat digunakan sehingga mendorong pertumbuhan jamur dan lumut.

Selain itu, segala jenis bakteri dapat tumbuh subur di shower dan pembersihan menyeluruh dapat membantu menghilangkan bakteri yang berpotensi membahayakan. 

Kepala shower harus dibersihkan saat aliran air pertama kali terlihat berkurang. Frekuensinya sangat bergantung pada persediaan air Anda.

Jika Anda tinggal di daerah dengan air sadah atau air dengan kadar kalsium dan magnesium yang tinggi, akan lebih sering mengalami masalah shower yang tersumbat.

Setelah membersihkan shower secara menyeluruh, pembersihan dua mingguan atau bulanan dengan pembersih komersial atau cuka putih suling akan mencegah mineral, bahkan beberapa bakteri menumpuk di dalam shower. 

Cukup semprotkan larutan pembersih pada shower, gosok nozel semprotan dengan sikat gigi bekas untuk menghilangkan mineral apa pun, dan nyalakan shower selama beberapa menit untuk membilas semuanya.

Selain itu, cuka dapat membantu menghilangkan sisa sabun yang menumpuk di perlengkapan shower. 

Nah, dilansir dari The Spruce, Jumat (8/3/2024), berikut cara membersihkan kepala shower yang mampet. Pembersihan ini untuk kepala shower yang dapat dilepas. 

Dengan kain terpasang di tempatnya, gunakan kunci pas atau tang pengunci dengan ukuran yang sesuai untuk melonggarkan mur. 

Letakkan shower dalam wadah 

Setelah terlepas, letakkan shower di dalam ember atau mangkuk yang dalam, lalu tuangkan cuka secukupnya hingga menutupi seluruh kepala shower.

Kemudian panaskan cuka hingga hangat saat disentuh, tetapi tidak perlu sampai mendidih.

Rendam shower 

Selanjutnya, cara membersihkan kepala shower yang mampet adalah merendamnya dalam cuka. Pastikan semua kepala shower terendam selama 30 menit. 

Gosok dengan lembut 

Setelah 30 menit, keluarkan kepala shower dari larutan cuka. Ambil sikat gigi bekas untuk menggosok sisa kotoran membandel yang masih terlihat di lubang nosel.

Tusuk gigi, klip kertas, ujung peniti, atau jarum jahit akan membantu membersihkan endapan dari lubang jet. Ini saat tepat untuk melepas dan membersihkan layar filter apa pun yang mungkin terletak di kepala shower.

Jika endapan tidak mudah hilang, ulangi merendam kepala shower di dalam cuka.

Hapus dan bersihkan semua layar filter yang mungkin terletak di kepala shower. Keluarkan dengan hati-hati menggunakan pinset atau tang berujung runcing, gosok dengan cuka atau sabun cuci piring cair untuk menghilangkan lapisan lengket. 

Bilas kepala shower 

Terakhir, cara membersihkan kepala shower yang mampet adalah membilasnya. Jika kepala shower sudah bersih, pasang kembali.

Lepaskan selotip lama dan tempelkan selotip baru di sekitar benang pada lengan shower untuk memastikan tidak ada kebocoran dan Anda memiliki segel yang baik.

Kencangkan kepala shower terlebih dahulu dengan tangan, lalu akhiri dengan kunci pas.  

Cara menjaga kebersihan shower lebih lama

1. Jangan menggosok terlalu keras saat membersihkan shower karena Anda berisiko menggores permukaan shower. 

2. Simpan botol semprot berisi larutan cuka putih dan air dengan perbandingan 50:50 di kamar mandi sehingga Anda bisa menyemprotkannya ke nosel shower setiap habis mandi. Hal ini dapat mengurangi penyumbatan.

3. Bakteri yang hidup di shower adalah normal dan biasanya tidak berbahaya bagi kesehatan. Namun, untuk tindakan pencegahan ekstra, pilih shower dari material logam daripada model plastik, yang mungkin lebih disukai bakteri,

Pertimbangkan juga filter shower untuk menciptakan aliran air yang lebih sehat.

https://www.kompas.com/homey/read/2024/03/08/171900376/5-cara-membersihkan-kepala-shower-yang-mampet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke