Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Menciptakan Rumah yang Estetik dengan Anggaran Terbatas

Tentu saja, kondisi rumah yang demikian membuat penghuni merasa nyaman dan betah berlama-lama berada di rumah. 

Untuk mendapat tampilan rumah yang demikian sebetulnya tidaklah sulit. Anda tidak perlu melakukan renovasi atau perombakan ulang.

Cukup menata serta mendekorasi rumah dan hal ini tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukannya. 

Jadi, meski tidak memiliki rumah baru dan merombaknya, Anda tetap dapat menciptakan kembali estetika yang didambakan ini di rumah. 

Pembangun rumah Barratt London bekerja sama dengan pakar desain interior Ikea, Mahnaz Heidari Orojiloo, membagikan cara menciptakan rumah yang estetik dengan anggaran terbatas dikutip dari Tom's Guide, Jumat (8/3/2024). 

Anda dapat melakukannya dengan cara kuno, seperti menempelkan kepingan warna cat, sampel kain, dan inspirasi desain lainnya ke papan, atau menggunakan sesuatu seperti Pinterest.

Orojiloo mengatakan tahap ini akan memberi Anda waktu memilih skema warna, perabot, dan dekorasi serta menggabungkan tekstur, pencahayaan, dan karya seni.

Saat memilih skema warna, ingatlah bahwa sebagian besar rumah estetik menggunakan warna-warna netral untuk menciptakan kesan ruang dan memfokuskan calon pembeli pada properti daripada mengalihkan perhatian mereka ke warna dinding yang cerah.

Skema warna yang netral juga akan menciptakan estetika yang elegan serta menenangkan. 

Gunakan aturan 60-30-10 

Saat merencanakan skema warna ruangan, banyak desainer interior mengikuti aturan 60-30-10. Hal ini didasarkan pada teori bahwa 60 persen ruangan harus menjadi warna dominan, 30 persen harus menjadi warna atau tekstur sekunder, dan 10 persen harus menjadi aksen.

Orojiloo mengatakan sangat penting menyeimbangkan warna primer dan aksen Roda warna dapat membantu dalam hal ini. 

Saat merencanakan skema warna , Orojloo merekomendasikan memikirkan suasana hati yang ingin diciptakan. Misalnya, apakah Anda ingin ruangan terasa tenteram, bersemangat, atau nyaman?

Selain itu, pertimbangkan cahaya alami dan ukuran ruangan. Namun, Orojloo memperingatkan mengingat bahwa warna adalah pilihan pribadi dan kita semua punya favoritnya masing-masing.

"Pilih warna yang disukai dan itu membuat Anda merasa nyaman," kata Orojloo. 

Tidak ada yang lebih buruk daripada hidup dengan warna yang sedang tren, tetapi Anda benci. Rumah harus menjadi tempat yang memberikan kenyamanan dan ketenangan daripada membuat Anda merasa bingung setiap kali melihat sesuatu yang tidak disukai. 

Kekacauan adalah salah satu masalah terbesar saat menciptakan interior yang tenang dan nyaman. Maka itu, perlu menggunakan ruang penyimpanan yang memadai dan cerdas.

Menurut Orojloo, penyimpanan adalah kuncinya. Memilih furnitur penyimpanan yang tepat untuk menyimpan segala sesuatunya dapat membuat perbedaan besar dalam menjaga rumah tetap teratur dan rapi.

“Bangku kaki atau meja kopi Ottoman dengan penyimpanan internal adalah cara terbaik  menghindari kekacauan di ruang tamu," ujarnya. 

Demikian pula, pilih tempat tidur yang menawarkan penyimpanan internal untuk menyimpan pakaian maupun barang lain. 

Hindari tren jangka pendek

Untuk estetika jangka panjang yang tidak akan ketinggalan zaman pada masa mendatang, Orojloo merekomendasikan bersikap sopan daripada dramatis.

“Hindari tren yang terlalu berani atau khusus yang mungkin akan cepat ketinggalan zaman. Sebaliknya, pilihlah elemen klasik dan gunakan tren sebagai aksen, seperti bantal, motif, dan ornamen yang dapat diperbarui dengan mudah serta terjangkau.”

Tetap sederhana

Terakhir, cara menciptakan rumah yang estetik dengan anggaran terbatas adalah menjadi tetap sederhana.

Pastikan segala sesuatu ada tempatnya dan kekacauan normal dalam kehidupan sehari-hari tidak ada. Meski menjaga rumah bebas kekacauan tidaklah mudah dan membutuhkan latihan, hal ini merupakan suatu keharusan ketika menginginkan estetika rumah pamer.

Salah satu cara mencapainya, menurut Orojloo, adalah mengedepankan kesederhanaan dan kualitas.

“Penting menjaga desain tetap rapi serta fokus pada elemen abadi dan berinvestasi pada furnitur dan dekorasi yang dirancang dengan baik yang akan bertahan dalam ujian waktu.”

https://www.kompas.com/homey/read/2024/03/08/122934676/5-cara-menciptakan-rumah-yang-estetik-dengan-anggaran-terbatas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke