Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Ide Dekorasi Kamar Anak Bergaya Skandinavia

Salah satunya desain interior Skandinavia. Desain interior ini membuat kamar anak terlihat cantik dan tetap fungsional.

Ciri dari gaya interior Skandinavia yaitu menggunakan pola garis yang bersih, minimalis, dan sederhana.

Cara mendekorasi kamar anak bergaya Skandinavia cukup mudah. Dilansir dari Room to Grow, Rabu (21/2/2024), berikut ini ide dekorasi kamar anak bergaya Skandinavia.

Sebelum mendekorasi kamar, rapikan dan tata ulang barang-barang di kamar tersebut. Jika ada barang yang sudah tidak digunakan atau rusak, sebaiknya disingkirkan agar kamar lebih lapang.

Sementara itu, barang yang masih digunakan perlu disimpan dengan rapi. Buatlah tempat penyimpanan seperti rak, lemari, atau keranjang.

Pilihlah tempat penyimpanan yang fungsional dan tetap estetik agar kamar anak terlihat lebih cantik dan menarik.

Pilih skema warna netral

Ide dekorasi kamar anak bergaya Skandinavia lainnya yaitu menghias ruangan dengan warna netral seperti putih, abu-abu muda, pastel lembut, atau biru muda.

Warna tersebut memberikan kesan tenang, halus, dan nyaman. Warna netral bisa ditampilkan pada dinding maupun barang-barang di kamar seperti bantal dan selimut.

Gunakan tempat tidur yang tepat

Di kamar anak, utamakan menggunakan furnitur fungsional, seperti tempat tidur susun yang memiliki tempat penyimpanan atau tempat tidur tinggi dengan meja dan tempat tidur sofa di bawahnya.

Tempat tidur fungsional dengan laci penyimpanan atau rak di bawahnya bisa memaksimalkan ruang, sehingga cocok untuk kamar anak yang sempit.

Untuk kamar tidur anak bergaya Skandinavia, pilihlah furnitur dengan desain minimalis. Hindari furnitur dengan hiasan penuh atau terlalu dekoratif.

Sebaiknya, tempat tidur terbuat dari kayu solid berwarna putih atau kayu alami yang ringan seperti pinus. Bahan ini bisa memberikan kehangatan dan kesan alami di dalam kamar.

Ide dekorasi kamar anak bergaya Skandinavia lainnya yaitu memaksimalkan cahaya alami dengan cara memasang jendela besar dengan tirai tipis.

Cahaya alami yang masuk ke dalam kamar akan menciptakan suasana cerah dan ceria. Sementara itu, tirai terang yang dipasang di jendela bisa membuat sinar matahari masuk sebanyak mungkin.

Akan tetapi, jika cahaya matahari sulit masuk ke dalam kamar, maka ada cara yang bisa dilakukan. Misalnya, mengecat dinding dan furnitur dengan warna terang agar kamar terlihat lebih terang.

Selain itu, bisa dengan memasang cermin di dinding kamar agar bisa memantulkan cahaya dan membuat kamar lebih cerah.

Sedangkan, untuk membuat kamar anak terang di malam hari, bisa dengan memasang lampu yang terang dan nyaman seperti lampu gantung minimalis.

Gunakan aksesori bertekstur

Ornamen dekorasi bertekstur juga bisa digunakan di kamar anak Skandinavia. Aksesori bertekstur bisa membuat ruangan terasa lebih nyaman dan cantik.

Aksesori bertekstur yang bisa dipilih seperti bantal empuk dan selimut bulu yang dapat menciptakan suasana nyaman dan menarik.

https://www.kompas.com/homey/read/2024/02/21/121800476/5-ide-dekorasi-kamar-anak-bergaya-skandinavia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke