Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Benda Rumah Tangga yang Bisa Dibersihkan dengan Hidrogen Peroksida

Senyawa ini dapat ditemukan di hampir semua toko bahan makanan atau toko obat dan 3% adalah konsentrasi yang paling umum ditemukan. 

Hidrogen peroksida telah lama digunakan oleh para dokter dan orang tua untuk mendisinfeksi goresan serta menjaga luka tetap bersih selama lebih dari satu abad.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, para profesional medis, termasuk Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), tidak menyarankan penggunaan bahan kimia ini pada kulit. 

Akan tetapi, sebelum Anda membuang botol hidrogen peroksida dari lemari obat atau bawah wastafel kamar mandi, pertimbangkan menggunakannya di sekitar rumah.

Karena merupakan antiseptik, hidrogen peroksida dapat digunakan untuk membasmi kuman dan bakteri yang bersembunyi di permukaan yang Anda sentuh setiap hari.

Seperti halnya alkohol gosok, hidrogen peroksida dapat digunakan untuk membersihkan barang-barang yang ada di rumah. 

Secara umum, hidrogen peroksida berfungsi sebagai disinfektan serbaguna yang murah dan efektif.

Cukup campurkan satu bagian hidrogen peroksida dengan satu bagian air, lalu semprotkan ke permukaan yang berkuman, tunggu lima menit, dan lap hingga bersih. 

Dilansir dari Better Homes and Gardens, Kamis (8/2/2024), berikut sejumlah benda rumah tangga yang bisa dibersihkan dengan hidrogen peroksida. 

Hidrogen peroksida dapat menghilangkan minyak yang menempel di meja dapur dan kompor.

Campurkan hidrogen peroksida dengan baking soda (kombinasi yang aman), biarkan pasta menempel di noda semalaman, dan gunakan spons non-abrasif untuk membilasnya pada pagi hari. 

Shower dan bathtub 

Selanjutnya, benda rumah tangga yang bisa dibersihkan dengan hidrogen peroksida adalah shower dan bathtub. 

Menangkal jamur dan lumut di kamar mandi bisa terasa seperti pekerjaan yang tak ada habisnya. Untungnya, hidrogen peroksida membuatnya sedikit lebih mudah dengan membunuh jamur.

Caranya, semprotkan hidrogen peroksida ke seluruh bagian shower dan bak mandi, termasuk pelapisnya, dan bilas.

Jika ada noda yang tertinggal, Anda dapat menambahkan baking soda ke dalam hidrogen peroksida untuk membentuk pasta dengan daya gosok yang kuat.

Hidrogen peroksida sendiri dapat mencerahkan nat putih yang kusam, tetapi jangan ragu  menggunakan baking soda untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk.

Biarkan di area yang terkena hingga berbusa, lalu seka dan bilas untuk shower dan bathtub kembali berkilau. 

Duo bahan ini juga dapat membuat peralatan masak kesayangan bersinar seperti baru lagi. Jika Anda mencuci piring dengan tangan, tambahkan beberapa tetes hidrogen peroksida dengan sabun pencuci piring guna membantu menghilangkan minyak yang menempel.

Anda juga bisa menggunakan kombinasi ini pada kisi-kisi pemanggang yang bisa dilepas.

Cermin dan kaca

Benda rumah tangga yang bisa dibersihkan dengan hidrogen peroksida adalah cermin dan kaca. Cukup semprotkan cermin dan kaca dengan hidrogen peroksida, kemudian seka dengan kain bebas serabut (atau koran yang sudah dikerut jika Anda punya).

Anda akan mendapatkan kilau bebas goresan tanpa terpapar bahan kimia. 

Mesin pencuci piring

Tidak peduli seberapa sering Anda menjalankannya, mesin pencuci piring akan mengeluarkan bau yang tidak sedap dari waktu ke waktu.

Tentu saja, Anda dapat membersihkan mesin pencuci piring dengan cuka atau pemutih, tetapi jika Anda kehabisan keduanya, hidrogen peroksida dapat menggantikannya.

Letakkan seperempat cangkir peroksida di rak paling atas mesin pencuci piring saat sedang kosong dan jalankan siklus panas tinggi untuk menghilangkan apa pun yang menyebabkan bau, baik itu bakteri atau jamur.

Anda juga dapat menyemprotkan sedikit peroksida pada segel karet dan area yang sulit dijangkau setelah pengisian selesai sehingga Anda dapat membersihkan semua bagian. 

Mulailah menguji noda di bagian yang tersembunyi di karpet, permadani, atau furnitur berlapis kain, lalu lanjutkan dengan menggunakan metode yang sama seperti yang Anda lakukan untuk merawat pakaian.

Untuk meningkatkan kekuatan penghilang noda pada karpet, Anda dapat menggabungkan peroksida dengan sabun cuci piring atau uap. 

Wastafel dapur

Terakhir, benda rumah tangga yang bisa dibersihkan dengan hidrogen peroksida adalah wastafel dapur. 

Hidrogen peroksida bekerja sangat baik pada permukaan putih. Jadi, jika memiliki wastafel dapur berwarna putih, Anda beruntung.

Taburkan baking soda secara merata ke seluruh bagian dalam wastafel sebelum menuangkan sedikit peroksida ke atasnya, kemudian gosok. 

Jika sudah puas dengan kebersihan wastafel, bilas campuran tersebut ke saluran pembuangan dan seka area tersebut hingga kering.

https://www.kompas.com/homey/read/2024/02/08/212055776/7-benda-rumah-tangga-yang-bisa-dibersihkan-dengan-hidrogen-peroksida

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke