Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Hal yang Disukai Kucing, Bikin Sehat dan Senang

Pada umumnya, hal-hal yang disukai kucing adalah hal-hal yang sama dengan yang manusia sukai, seperti makanan yang segar dan lezat, tidur siang yang panjang di tempat yang nyaman, dan berbagai aktivitas yang menyenangkan. 

Sama dengan manusia, hal-hal yang dianggap menarik, menyenangkan, atau mengasyikkan oleh kucing dapat berubah seiring bertambahnya usia.

Misalnya, kucing Anda mungkin menyukai mainannya yang terbuat dari bulu, tetapi menganggapnya membosankan pada hari berikutnya.

Sebagai "orang tua" kucing, tugas Anda adalah mengenali kapan minat kucing berubah sehingga dapat menjaganya tetap bahagia, sehat, dan aktif.

Meski kesukaan dapat bervariasi dari satu kucing ke kucing lainnya, berikut hal yang disukai kucing yang perlu diketahui manusia dikutip dari The Spruce, Selasa (6/2/2024).  

Karena kucing adalah makhluk nokturnal, kucing tidur hampir sepanjang hari. Semua orang menyukai tidur siang yang panjang dan menyenangkan di tempat yang nyaman.

Perlu diingat, anak kucing dan kucing senior akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur dibanding kucing remaja.

Namun, jika Anda khawatir kucing peliharaan tidur terlalu banyak, bicarakan dengan dokter hewan Anda tentang apa yang normal untuk ras, usia, tingkat aktivitas, dan ukuran sahabat bulu.  

Merawat diri dan diperlakukan dengan baik

Selanjutnya, hal yang disukai kucing adalah menyukai merawat diri dan diperlakukan dengan baik.

Tahukah Anda bahwa kucing dewasa menghabiskan sekitar separuh dari waktu bangun tidurnya untuk berdandan?

Grooming atau merawat diri adalah bagian penting dari kehidupan kucing.

Makanan basi tidak hanya terasa tidak enak, tetapi juga dapat menumbuhkan jamur atau menjadi inang bagi berbagai jenis bakteri, seperti Salmonella dan Staphylococcus.

Setiap kali Anda memberikan makanan untuk kucing, pastikan memeriksa tanggal kedaluwarsa pada makanan basah dan kering.

Hal ini akan memastikan Anda hanya memberikan makanan yang segar, bergizi, dan aman. 

Air yang mengalir

Air yang mengalir juga menjadi hal yang disukai kucing. Kucing suka meminum air dari keran yang mengalir kapan pun ada kesempatan sehingga selalu mendapatkan air yang sejuk dan segar.

Percaya atau tidak, beberapa jenis kucing juga suka bermain air. Jika kucing peliharaan suka bermain air, cobalah mengisi bak mandi atau kolam anak dengan beberapa inci air selama waktu bermainnya.

Aktivitas ini akan membantu kucing berolahraga dan mendinginkan diri pada hari-hari yang panas. 

Kucing juga mendapatkan banyak kegembiraan dari hal itu. Menggaruk dapat membantu membuat kucing rileks dan segar.

Anggap saja hal ini setara dengan peregangan yang baik dan panjang bagi manusia saat otot-otot Anda lelah atau pegal.

Sesi cakaran singkat di pohon kucing atau tiang cakaran dapat membangunkan kucing yang lelah dengan segera. 

Waktu bermain setiap hari

Waktu bermain adalah hal yang disukai kucing dan penting, dari masa kanak-kanak hingga usia lanjut.

Tidak perlu banyak hal untuk membuat kucing terhibur. Kucing akan bermain dengan apa saja, dari serat hingga mainan kucing yang dimanipulasi.

Namun, ini adalah bagian penting dari kesehatan dan perkembangannya. Waktu bermain tidak hanya mengingatkan kucing pada masa-masa mereka di alam liar saat harus mengintai, berburu, dan menangkap mangsanya, tetapi juga membuat  tetap berolahraga, aktif, serta bahagia.

Ada ratusan ribu mainan kucing di pasaran, tetapi kucing peliharaan mungkin juga menyukai permainan, seperti petak umpet.

Apa pun pilihan permainan kucing, penting meluangkan waktu beberapa menit setiap hari. 

Entah kucing suka mengamati burung karena mereka adalah mangsa atau hanya karena gerakannya menarik perhatiannya, beberapa kucing dapat menghabiskan waktu berjam-jam mengamati burung setiap hari.

Jika kucing peliharaan suka meringkuk di jendela, pastikanmelindungi kulitnya dari sinar matahari yang menyengat, terutama jika memiliki bulu berwarna terang.

Cobalah membatasi waktu berada di dekat jendela saat matahari sedang terik-teriknya, antara pukul 10.00-16.00, dan bicarakan dengan dokter hewan Anda tentang tabir surya yang disetujui untuk kucing peliharaan.  

Mencintai manusia

Terakhir, hal yang disukai kucing adalah mencintai manusia. Meski sering digambarkan sebagai hewan penyendiri, kucing membutuhkan cinta, perhatian, dan persahabatan. Kucing sangat senang mendapatkan hal tersebut dari manusia.

Cara kucing mengatakan "Aku mencintaimu" sedikit berbeda dari kita manusia. Beberapa tanda kucing mencintai Anda, termasuk mendengkur, bunting (atau meletakkan kepalanya di atas Anda), tidur di atas atau di dekat Anda, menggosok-gosok tubuh Anda, mengeong, menjilati, bahkan menempelkan pantatnya di wajah Anda. 

https://www.kompas.com/homey/read/2024/02/06/071600276/8-hal-yang-disukai-kucing-bikin-sehat-dan-senang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke