Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menghilangkan Noda Minyak dari Dinding

Pasalnya, noda minyak tak hanya membuat dinding terlihat kusam dan tidak terawat, tapi juga merusak warna cat atau wallpaper serta sulit menghilangkannya.  

Untungnya, ada beberapa cara alami yang dapat menghilangkan noda minyak membandel, bahkan pada permukaan paling sensitif sekalipun.

Nah, berikut cara menghilangkan noda minyak dari dinding disadur dari Merry Maids, Selasa (30/1/2024).  

Sebagai tambahan, metode ini dapat juga digunakan untuk membersihkan noda minyak pada keramik, panel kayu, pakaian, dan permukaan apa pun. 

Mengidentifikasi sumber titik-titik mengganggu ini bisa menjadi tugas sederhana.

Pertama, periksa peralatan atau permukaan terdekat yang mungkin mengalami kebocoran oli, seperti kompor atau mesin bermotor. 

Jika Anda tidak dapat menemukan penyebabnya, mungkin ini saatnya memeriksa pekerjaan cat. Cat tua berbahan dasar minyak perlahan-lahan dapat terurai dan menimbulkan bintik-bintik ini.

Apa pun penyebabnya, ingatlah bahwa dengan sedikit penyelidikan, dapat menghilangkan noda minyak dari dinding. 

Solusi alami menghilangkan noda minyak

Selanjutnya, cara menghilangkan noda minyak dari dinding adalah menggunakan solusi alami.

Membersihkan noda minyak membandel dapat membuat frustrasi, tetapi ada solusi alami yang dapat membantu seperti berikut ini: 

Baking soda: Baking soda dapat menyerap noda minyak dari kain. Cukup taburkan baking soda pada noda minyak, lalu diamkan selama beberapa jam sebelum menggunakan kain lembap untuk menggosok area yang terkena dengan lembut.

Sabun cuci piring: Ooleskan sabun cuci piring langsung pada noda minyak dan diamkan selama satu jam sebelum dicuci. 

Untuk bantuan tambahan, campurkan sabun cuci piring dengan air hangat dan gosok noda dengan lembut.

Cuka: Cuka dapat membersihkan noda minyak secara efektif karena dapat memecah lemak. Campurkan cuka dan air dengan perbandingan sama, lalu oleskan pada noda minyak dengan spons atau kain.

Pastikan membilasnya hingga bersih setelahnya untuk menghindari aroma cuka yang tertinggal.

Dengan solusi alami ini, dapat menghilangkan noda minyak dari dinding dan menjaga permukaan keras dan lembut tetap terlihat bersih. 

Berinvestasi dalam layanan kebersihan profesional

Terkadang, Anda mungkin terlalu sibuk dengan pekerjaan dan kehidupan sehingga  membiarkan pekerjaan rumah menumpuk.

Tiba-tiba, pikiran untuk membersihkan kamar mandi atau menggosok lantai dapur sepertinya menjadi tugas yang tidak dapat diatasi.

Saat itulah, Anda tahu inilah saatnya menghubungi para profesional untuk mendapatkan bantuan. Layanan pembersihan profesional dapat menjadi penyelamat ketika Anda tidak dapat menyelesaikannya sendiri.

Selain itu, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada hal-hal yang Anda sukai tanpa stres karena rumah berantakan dapat "menghantui". 

Merawat dinding 

Terakhir, cara menghilangkan noda minyak dari dinding adalah merawatnya. Percikan makanan dan noda minyak dapat dengan mudah menumpuk di dinding sehingga terlihat tidak menarik serta tidak higienis.

Menjaga dinding bebas noda minyak bisa menjadi sebuah tantangan, terutama jika Anda suka memasak.

Mulai dari, mengidentifikasi sumber noda minyak, menerapkan solusi alami, hingga menggunakan produk rumah tangga untuk menghilangkan noda minyak dari dinding,. 

Berbeda dengan metode pembersihan tradisional yang menggunakan bahan kimia keras dan bahan abrasif, sebaiknya menggunakan produk pembersih ramah lingkungan yang membuat dinding tampak seperti baru.

https://www.kompas.com/homey/read/2024/01/30/084415776/cara-menghilangkan-noda-minyak-dari-dinding

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke