Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Ras Kucing Berbulu Halus yang Menggemaskan, Ada Persia dan Ragdoll

Kucing berbulu halus tidak hanya indah dilihat, tetapi juga menggemaskan, memberikan tampilan mewah, dan sangat menyenangkan untuk dipeluk serta dibelai. 

Banyak ras kucing yang memiliki bulu panjang dan lembut, dari Persia yang terkenal hingga Angora Turki yang langka.

Ras kucing berbulu halus umumnya membutuhkan lebih banyak perawatan bulu daripada kucing berbulu pendek.

Sebagian besar ras kucing berbulu halus perlu disikat dan disisir setiap hari untuk mencegah bulu kusut, rontok, dan beberapa kucing mendapat manfaat dari pencukuran perut untuk mengurangi bulu kusut. 

Nah, dilansir dari The Spruce, Sabtu (16/12/2023), berikut sejumlah ras kucing berbulu halus yang menggemaskan. 

Lembut, damai, dan manis, Birman adalah kucing peliharaan keluarga yang luar biasa dan suka bersantai di pangkuan pemiliknya. 

Bulunya yang panjang tidak sulit dipelihara karena tidak mudah kusut. Menyikat atau menyisir setiap minggu akan membuat bulunya tetap halus dan bebas kusut. 

Himalaya

Selanjutnya, ras kucing berbulu halus yang menggemaskan adalah Himalaya. Kucing Himalaya pada dasarnya adalah kucing Persia dengan warna seperti kucing Siam.

Bulu ganda Himalaya yang tebal membutuhkan penyikatan dan penyisiran setiap hari untuk menjaganya tetap terawat. Beberapa orang memiliki groomer profesional yang mencukur bulu kucing Himalaya. 

Meski tidak membutuhkan perawatan intensif seperti Persia, bulu kucing Maine coon membutuhkan penyikatan secara teratur, dari setiap hari hingga beberapa kali seminggu, tergantung pada tekstur bulu masing-masing kucing. 

Norwegian forest cat

Norwegian forest cat atau kucing hutan Norwegia juga menjadi ras kucing berbulu halus yang menggemaskan. 

Sama dengan Maine coon, Norwegian forest cat berkembang secara alami di lingkungan yang dingin sehingga menghasilkan bulu ganda yang tebal dan tahan air.

Meski sangat halus, bulu kucing hutan Norwegia tidak sulit dirawat. Menyikat atau menyisir setiap minggu biasanya sudah cukup karena bulunya tidak mudah kusut.

Menyikat dan menyisir setiap hari diperlukan untuk mengatasi serta mencegah kusut. Karena bulu kucing Persia sangat lebat, menyikat setiap hari bisa memakan waktu.

Kucing Persia membutuhkan perawatan wajah setiap hari untuk menyeka dan membersihkan sekitar mata dan lipatan kulit di sekitar hidung. 

Siberian 

Dengan bulu tiga lapis yang unik, kucing Siberian adalah salah satu ras kucing berbulu lembut. Setiap lapisan, baik bulu bawah, bulu tengah, maupun bulu luar, menyumbangkan kehangatan tambahan, melindungi Siberian dari hawa dingin.

Kucing Siberian sangat mudah dirawat, hanya perlu disikat sesekali. Banyak orang yang alergi terhadap kucing, tetapi dapat hidup nyaman bersama kucing Siberian lantaran tingkat FelD1 yang rendah secara alami pada ras ini, yakni protein yang menyebabkan alergi kucing pada manusia. 

Bulunya secara alami tidak mudah kusut sehingga mudah disikat setiap minggu. Sebagian besar kucing Ragdoll adalah perasa yang baik sehingga merupakan pilihan baik bagi mereka yang menginginkan kucing pangkuan.

Angora Turki 

Sesuai dengan namanya, ras kucing ini berasal dari Turki, yang dianggap sebagai harta karun nasional.

Meski panjang bulu tunggal yang bertekstur halus bervariasi dari satu kucing ke kucing lainnya, semua Angora Turki harus memiliki ekor panjang dan penuh serta bulu di leher.

Bulunya yang sangat lembut dengan kilau sutra tidak mudah kusut dan tidak perlu disikat secara ekstensif. 

Nah, itu dia sejumlah ras kucing berbulu lembut. Anda tertarik memelihara yang mana?

https://www.kompas.com/homey/read/2023/12/16/100000876/10-ras-kucing-berbulu-halus-yang-menggemaskan-ada-persia-dan-ragdoll

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke