Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Membersihkan Wajan Gosong dengan Bahan Alami

Wajan digunakan untuk menggoreng berbagai hidangan, dari daging, ikan, telur, hingga menumis sayuran. 

Penggunaan yang rutin dapat membuat wajan gosong, bahkan hingga berkerak. Bahkan wajan antilengket berkualitas tinggi yang tahan terhadap suhu panas pun dapat dengan mudah menyebabkan gosong di bagian bawahnya. 

Terkadang noda gosong pada wajan ini sulit hilang, tidak peduli seberapa keras Anda menggosoknya dan telah dibersihkan berkali-kali. 

Kabar baiknya, ada beberapa metode yang telah teruji dapat mengangkat sisa-sisa gosong dari wajan dan membuatnya kembali bersih tanpa merusaknya atau memakai bahan kimia yang keras.

Dilansir dari Ideal Homes, Jumat (15/12/2023), sejumlah ahli membagikan cara membersihkan wajan gosong dengan bahan alami. 

Lemon juga dapat meninggalkan aroma jeruk yang menyegarkan dan membersihkan wajan gosong. Caranya, potong sekitar tiga sampai empat buah lemon menjadi empat bagian.

Gunakan sesuai dengan ukuran wajan, kemudian masukkan lemon ke panci berisi air dan didihkan. Kecilkan api dan biarkan air dan lemon mendidih setidaknya 10 menit.

Makanan yang gosong akan mengambang ke atas selama waktu ini. Kosongkan wajan dan gosok sisa makanan yang gosong. Terakhir, bilas wajan. 

Sabun cair dan air mendidih 

Membersihkan wajan dengan sabun cair dan air mendidih adalah teknik yang mudah serta efektif menghilangkan gosong pada wajan.

"Peningkatan suhu dapat membantu memisahkan makanan yang gosong dari bahan panci. Berikut cara membersihkan wajan gosong dengan sabun cair dan air mendidih: 

1. Letakkan wajan di atas kompor dan nyalakan api.

2. Saat wajan sudah panas, tuangkan air dan beberapa tetes cairan pembersih.

3. Biarkan air meresap dan panaskan hingga mendidih.

Buang air dan gunakan spatula atau sendok kayu untuk mengikis sisa-sisa makanan yang gosong dari wajan.

4. Sebelum menggunakan wajan lagi, semprotkan minyak goreng di atas permukaannya untuk mengisi pori-pori dan menciptakan permukaan yang halus dan tidak lengket. 

Garam bekerja paling baik pada wajan yang memiliki noda gosong ringan di bagian tepi/dasar. Berikut cara menggunakannya. 

1. Taburkan garam dalam jumlah banyak ke bagian tengah wajan.

2. Gunakan spons basah untuk meratakan garam ke area yang terdapat noda gosong.

3. Bersihkan sisa-sisa gosong dengan handuk, lalu bilas wajan dan ulangi sesuai kebutuhan

Cara membersihkan wajan gosong menggunakan garam juga telah terbukti sukses di internet. Cara ini ampuh menghilangkan noda gosong di sisi wajan, yang disebabkan saus atau sup. 

Cukup ambil kentang besar, potong menjadi dua, tuangkan garam pada sisi yang terpotong dan gosokkan pada nida gosong. Voila, wajan Anda akan berkilau.  

Baking soda tak hanya ampuh menghilangkan bau, tapi juga sebagai bahan pembersih, termasuk membersihkan wajan gosong. Berikut cara membersihkan wajan gosong dengan baking soda. 

1. Isi wajan dengan air sampai bagian bawahnya terendam, lalu tambahkan 236 mililiter cuka.

2. Didihkan larutan ini dan angkat dari api.

3. Tambahkan dua sendok makan baking soda dan biarkan bekerja ke dalam campuran selama beberapa menit sampai mulai mendesis.

4. Cuci wajan dan gunakan penggosok untuk menggosok sisa-sisa gosong. 

Membersihkan dengan cuka adalah cara aman mengangkat noda membandel. Jika dikombinasikan dengan baking soda, sisa-sisa gosong yang menempel di wajan tidak akan bertahan lama. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/12/15/111343276/4-cara-membersihkan-wajan-gosong-dengan-bahan-alami

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke