Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Kaktus Natal, Bisa Jadi Hiasan Natal

Berbeda dengan kaktus biasa, kaktus Natal bukan berasal dari gurun yang kering dan panas. Sebaliknya, tanaman hias ini justru berasal dari hutan hujan tropis dan tumbuh pada area lembap dengan sinar matahari yang cukup dan suhu hangat. 

Kaktus Natal juga menjadi salah satu tanaman hias yang biasa digunakan untuk dekorasi Natal dan libur tahun baru. Hal ini karena tanaman kaktus Natal biasa tumbuh saat cuaca cukup dingin. 

Tanaman kaktus Natal menghasilkan bunga merah muda atau oranye pada ujung daunnya selama cuaca atau suhu rendah. 

Selain bentuknya yang cantik dan unik, cara menanam dan merawat kaktus Natal tidaklah sulit. 

Dikutip dari The Old Farmers Almanac, Rabu (6/12/2023), berikut cara menanam dan merawat tanaman kaktus Natal.  

Pot untuk tanaman kaktus Natal harus memiliki lubang drainase di bagian bawah untuk menjaga tanah tidak terlalu basah.

Selain jenis pot, jenis media tanam juga penting  diperhatikan. Pastikan menanam kaktus Natal pada tanah yang berdrainase baik. 

Menanam 

Setelah mendapatkan pot dan media tanam yang tepat, langkah selanjutnya adalah mengisi pot dengan media tanam, kemudian lakukan penanaman bibit kaktus Natal pada media tanam tersebut.

Selanjutnya, letakkan tanaman kaktus Natal di area terang, tetapi tidak mendapatkan sinar matahari langsung, seperti ambang jendela yang menghadap ke timur.

Kaktus Natal juga menyukai lingkungan lembap sehingga area dapur atau kamar mandi cocok untuk menjadi tempat meletakkan tanaman ini.

Pada musim kemarau atau cuaca panas, tanaman kaktus Natal sebaiknya ditempatkan di area teduh atau teras yang tidak terkena sinar matahari langsung. 

Cara merawat tanaman kaktus Natal

Sama halnya dengan tanaman lain, kaktus Natal juga memerlukan perawatan yang intensif agar bisa tumbuh dengan baik. Melansir dari The Spruce, berikut cara merawat tanaman kaktus Natal dengan benar.

  • Penyiraman

Siram kaktus Natal secara menyeluruh setelah tanah kering. Saat musim kemarau, siram tanaman kaktus Natal dua hingga tiga kali seminggu.

Jika tanaman diletakkan pada tempat yang terkena matahari selama musim hujan, tanaman kaktus Natal mungkin memerlukan penyiraman seminggu sekali.

Tanaman kaktus Natal juga memerlukan kelembapan yang cukup, terutama saat ditanam dalam kondisi kering selama musim hujan. Untuk menjaga kelembapan, semprotkan tanaman air ke tanaman atau meletakkan nampan berisi kerikil dan air di bawah pot kaktus Natal.

  • Pemupukan

Selain disiram, tanaman kaktus Natal juga memerlukan pupuk agar bisa tumbuh dengan baik. Pupuk yang akan diaplikasikan perlu dilarutkan terlebih dahulu dalam air.

Kemudian lakukan pemupukan di awal musim kemarau. Pemupukan dihentikan saat kuncul bunga terbentuk. Setelah tanaman kaktus Natal berbunga, lakukan pemupukan setiap bulan.

Cara merawat tanaman kaktus Natal selanjutnya adalah melakukan pemangkasan. Lakukan pemangkasan segera setelah bunga kaktus Natal mekar atau saat memasuki masa pertumbuhan baru.

Pemangkasan akan membuat tanaman memiliki cabang dan batang yang tumbuh lebih banyak. Cara memangkas tanaman kaktus Natal yaitu dengan memutar batang di antara salah satu ruasnya.

Kamu juga bisa menggunakan pisau atau gunting tajam yang steril untuk menghilangkan bagian-bagian pada batang tanaman.

Pemangkasan juga bisa dilakukan dengan cara membuang sepertiga bagian tanaman setiap tahunnya atau memotong satu sampai dua bagian dari ujung setiap batang.

  • Repotting tanaman

Kaktus Natal sebenarnya tidak perlu rutin dipindah ke pot baru. Terlalu sering repotting tanaman akan membuat tanaman rusak dan berhenti berbunga.

Waktu terbaik untuk repotting kaktus Natal yaitu setelah bunganya berhenti mekar dan bunganya layu di akhir musim hujan. Jangan melakukan repotting saat tanaman sedang aktif berbunga.

  • Pengendalian hama dan penyakit

Terakhir, lakukan pengendalian hama dan penyakit yang menyerang tanaman kaktus Natal. Pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT) bisa dilakukan dengan cara mengaplikasikan pestisida sesuai dengan jenis OPT yang menyerang.

Itulah cara menanam dan merawat kaktus Natal dengan benar. Kamu bisa menanam tanaman kaktus Natal dari sekarang agar saat Natal sudah tumbuh cukup besar.  

https://www.kompas.com/homey/read/2023/12/06/193202176/cara-menanam-dan-merawat-tanaman-kaktus-natal-bisa-jadi-hiasan-natal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke