Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tanaman Hias yang Cocok Dirawat di Dalam Apartemen

Namun, tinggal di apartemen juga mempunyai sejumlah kekurangan, salah satunya luasnya yang terbatas. Keterbatasan lahan ini kerap membuat kesulitan merawat tanaman hias di dalam ruangan. 

Padahal, menambahkan tanaman hias ke dalam apartemen dapat mengurangi tingkat stres dan membantu membersihkan udara. Selain itu, penataan tanaman hias yang tepat dapat meningkatkan estetika desain secara keseluruhan.

Lantas, tanaman hias mana yang paling cocok untuk apartemen? 

Pasalnya, apartemen kerap memiliki tantangan minim cahaya sehingga harus memilih tanaman yang sesuai dengan ukuran, bentuk, dan persyaratan perawatan.

Untungnya, jika baru dalam merawat tanaman hias di apartemen, ada banyak pilihan yang bisa dipilih. 

Nah, dikutip dari The Spruce, Senin (27/11/2023), berikut tanaman hias yang cocok dirawat di dalam apartemen dan dapat menciptakan oasis.  

Tanaman hias dengan perawatan rendah dan cahaya rendah ini juga cocok untuk pemula atau pencinta tanaman yang sudah ahli. 

Ini adalah tanaman dalam ruangan yang populer dan toleran terhadap kekeringan yang dapat memaafkan jika Anda lupa menyiramnya/

Daun tanaman ZZ yang seperti lilin, lebar, dan berwarna hijau tua dapat membuat pernyataan di ruangan mana pun.

Jauhkan tanaman ZZ dari kucing atau anjing peliharaan yang penasaran karena tanaman ini beracun bagi hewan peliharaan jika tertelan. 

Philodendron spp 

Selanjutnya, tanaman hias yang cocok dirawat di dalam apartemen adalah philodendron spp. Ketika nemiliki ruang terbatas, memajang tanaman merambat di atas sofa apartemen atau lemari dapur adalah sebuah keuntungan.

Varietas tanaman merambat dari genus Philodendron aroid tropis, seperti heart-leaf philodendron adalah tanaman yang sempurna untuk ditanam di rak.

Tanaman berdaun yang mudah dirawat dan tumbuh cepat ini membuat pernyataan menarik di ruangan mana pun. Cahaya yang terang, tetapi tidak langsung cocok untuk sebagian besar philodendron. Jadi, Anda tidak perlu meletakkannya di jendela besar yang cerah.

Menaruh philodendron di rak tinggi yang tidak mudah dijangkau juga berguna karena tanaman ini beracun bagi hewan peliharaan.  

Pilihan tanaman hias yang cocok dirawat di dalam apartemen adalah monstera deliciosa. Tanaman hias ini memiliki daun yang besar dan dapat menambahkan sentuhan tropis di dalam apartemen atau ruangan

Tanaman monstera deliciosa dapat menjadi pusat perhatian serta tumbuh tinggi mencapai tinggi hingga tiga meter saat dewasa. Ini bisa menjadi sempurna jika apartemen memiliki plafon  yang tinggi.

Meski menyukai cahaya terang dan tidak langsung, terlalu banyak sinar matahari langsung dapat menghanguskan dedaunan monstera. Tanaman ini juga beracun bagi hewan peliharaan jika tertelan. 

Tanaman laba-laba (Chlorophytum comosum)

Tanaman laba-laba atau spider palnt adalah tanaman yang serbaguna dan mudah dirawat. Tak heran, menjadi tanaman hias favorit para penghuni apartemen. 

Tanaman hias ini cukup ringkas, muat di sebagian besar ruang, dapat tumbuh dalam berbagai kondisi cahaya, serta pemaaf apabila Anda lupa menyiramnya. 

Ditambah, tanaman laba-laba mudah diperbanyak dari anakan (anakan) sehingga mudah menambah koleksi tanaman.  

Lidah mertua akan tetap tumbuh subur dalam kondisi apa pun. Dedaunan yang lancip seperti pedang dapat menjadi titik fokus yang bagus di apartemen minimalis dan modern.

Dengan kebiasaan tumbuh tegak lurus, lidah mertua dapat masuk ke ruang kecil. Namun, hindari menyiram tanaman secara berlebihan karena dapat membunuhnya.

Pastikan hingga tanah tanaman benar-benar kering sebelum menyiramnya. Selain itu, hati- menempatkan tanaman cantik ini karena beracun bagi anjing dan kucing.  

Peace lily (Spathiphyllum spp.)

Terakhir, tanaman hias yang cocok dirawat di dalam apartemen adalah peace lily atau bunga lili perdamaian. Tanaman hias ini memiliki bunga berwarna putih. 

Ini bukan tanaman untuk ruangan yang paling kekurangan cahaya. Peace lily benar-benar membutuhkan cahaya tidak langsung dan terang untuk tumbuh subur.

Selain itu, sensitif terhadap penyiraman berlebihan dan suhu yang berfluktuasi. Jika tidak yakin kapan harus mengeluarkan kaleng penyiraman, tunda penyiraman sampai dedaunan pada bunga peace lily mulai terkulai.

Berhati-hatilah saat meletakkan tanaman ini di apartemen karenaberacun bagi manusia dan hewan peliharaan.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/11/27/214500476/6-tanaman-hias-yang-cocok-dirawat-di-dalam-apartemen-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke