Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membasmi Kutu Daun Pakai Pasta Gigi, Mudah Dilakukan

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu hama yang menyerang tanaman adalah kutu daun. Kutu daun dikenal karena tingkat reproduksinya yang cepat dan kegemarannya memakan getah tanaman.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Senin (6/11/2023), kutu daun melemahkan tanaman dengan menguras nutrisi penting dan mengeluarkan zat lengket. Zat lengket ini menarik hama lain dan mendorong pertumbuhan jamur.

Salah satu cara membasmi kutu daun adalah dengan menggunakan pasta gigi. Pasta gigi mengandung berbagai bahan, seperti deterjen, bahan abrasif, dan antiseptik.

Sifat-sifat inilah yang membuat pasta gigi menjadi agen pengendalian kutu daun yang sangat efektif.

Berikut cara membasmi kutu daun pakai pasta gigi.

1. Pilih pasta gigi yang tepat

Pilihlah pasta gigi berwarna putih polos tanpa tambahan pewarna, gel, atau perasa. Bahan aktif dalam pasta gigi biasa berkontribusi pada sifat pengendalian kutu daun.

2. Siapkan larutan

Campurkan sedikit pasta gigi dengan air dalam botol semprot. Usahakan untuk membuat perbandingan sekitar 2 sampai 3 bagian air dengan 1 bagian pasta gigi.

3. Uji pada area kecil terlebih dahulu

Sebelum menyemprotkan larutan pasta gigi ke tanaman dan halaman rumah, ujilah pada area kecil yang tidak mencolok di salah satu tanaman. Langkah ini memastikan larutan pasta gigi tidak membahayakan tanaman.

Setelah Anda memastikan bahwa pasta gigi untuk mengendalikan kutu daun aman untuk tanaman, lanjutkan dengan menyemprotkannya secukupnya pada area yang terserang kutu daun.

Fokuskan perhatian pada bagian bawah daun, tempat kutu daun cenderung berkumpul.

5. Tunggu dan amati

Biarkan larutan pasta gigi menempel pada tanaman selama beberapa jam atau semalaman. Selama waktu ini, khasiat pasta gigi akan bekerja untuk mencekik kutu daun dan mencegahnya kembali.

6. Bilas sampai bersih

Setelah waktu tunggu, bilas tanaman yang telah dirawat dengan air secara perlahan. Langkah ini memastikan sisa pasta gigi dan kutu daun hilang.

7. Ulangi sesuai kebutuhan

Tergantung pada tingkat keparahan serangan kutu daun, Anda mungkin perlu mengulangi perawatan pasta gigi setiap beberapa hari sampai Anda melihat penurunan aktivitas kutu daun secara signifikan.

Mengapa pasta gigi bisa digunakan untuk membasmi kutu daun?

Pasta gigi mengandung deterjen yang dapat memecah lapisan lilin pelindung pada tubuh kutu daun. Lapisan ini berfungsi sebagai penghalang terhadap faktor lingkungan dan juga menyulitkan air menempel pada kutu daun.


Ketika pasta gigi bersentuhan dengan kutu daun, lapisan pelindungnya akan rusak sehingga menyebabkan hilangnya air dan akhirnya menyebabkan kutu daun mati.

Selain dapat membuat kutu daun mati lemas, sifat antiseptik pasta gigi juga membantu mencegah infeksi pada tanaman yang telah dirusak oleh hama.

Namun, Anda harus memahami bahwa pasta gigi untuk mengendalikan kutu daun tidak membeda-bedakan serangga bermanfaat dan kutu daun, jadi sebaiknya gunakan pasta gigi secara selektif dan hanya pada tanaman yang terserang kutu daun.

Tips menggunakan pasta gigi untuk membasmi kutu daun

Memanfaatkan kekuatan pasta gigi untuk memerangi kutu daun dapat memberikan hasil yang luar biasa untuk tanaman. Untuk memaksimalkan efektivitas pasta gigi dalam mengendalikan kutu daun, pertimbangkan tips berikut.

Pertama, pilih pasta gigi berwarna putih polos tanpa tambahan pewarna, gel, atau perasa. Uji larutan pasta gigi pada area kecil sebelum mengaplikasikannya ke seluruh taman Anda.

Fokus pada bagian bawah daun, tempat kutu daun biasa ditemukan. Bersabarlah, karena mungkin diperlukan beberapa kali perawatan untuk melihat penurunan populasi kutu daun secara signifikan.

Pantau tanaman secara teratur untuk mengetahui dan mengobati serangan kutu daun sejak dini.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/11/06/101940676/cara-membasmi-kutu-daun-pakai-pasta-gigi-mudah-dilakukan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke