Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penyebab Anjing Kencing Sembarangan Saat Merasa Takut dan Senang

Bahkan anak anjing bisa kencing di lantai saat ada orang yang datang atau saat Anda pulang bekerja. Hal ini bisa menunjukkan anjing memiliki masalah buang air kecil karena merasa takut dan senang. 

Anjing kencing sembarangan, terlepas bagaimana hal itu terjadi, dapat menandakan adanya masalah kesehatan yang mendasarinya.

Jadi, Anda perlu mengetahui seperti apa anjing yang kecing karena merasa takut atau gembira. 

Untuk anjing yang lebih tua, inkontinensia sesekali bukan hal aneh, tetapi Anda harus memeriksakan anjing peliharaan ke dokter hewan jika terjadi masalah kesehatan.

Untuk anak anjing yang dilatih di rumah, sering kali diperlukan beberapa penyelidikan untuk menemukan akar permasalahannya.

Nah, untuk membantu Anda, dikutip dari The Spruce, Sabtu (4/11/2023), berikut cara membedakan anjing kencing sembarangan karena takut dan senang. 

Hal ini mungkin terlihat tidak disengaja dan sering kali meninggalkan genangan air di kaki anjing atau And menemukan banyak tetesan kecil air kencing di lantai saat mereka berjalan atau berlari di sekitar area tersebut.

Hal ini tidak sama dengan anjing yang kencing untuk menandai wilayah.  

Mengapa anjing kencing sembarangan saat merasa takut atau senang?

Ada beberapa alasan mengapa anjing kencing sembarangan saat merasa taku datn senang, termasuk untuk menunjukkan bahwa mereka bukan ancaman atau karena kegembiraan yang dialaminya. 

Selalu penting mempertimbangkan bahwa anak anjing mungkin memiliki masalah kesehatan yang mendasari dan menyebabkan masalah tersebut. Nah, berikut sejumlah penyebab anjing kencing sembarangan. 

Anjing-anjing ini mungkin buang air kecil saat seseorang mendekat, berdiri di atasnya, atau bersuara keras.

Anjing juga dapat membuang air kecil dengan ketakutan jika ada riwayat perlakuan kasar atau hukuman setelah buang air kecil yang didapatnya.

Sebab, semakin anjing dibentak atau ditakut-takuti, semakin sahabat bulu buang air kecil karena mencoba meminimalkan ancaman.

Hal ini terkadang terlihat pada anjing yang diselamatkan dan anjing yang pemalu, cemas, atau takut. Tanda-tanda lain dari perilaku anjing yang takut saat buang air kecil adalah umeringkuk dengan ekor terselip, telinga ke belakang, atau berguling ke belakang untuk mengekspos perutnya.  

Kegembiraan

Selanjutnya, penyebab anjing kencing sembarangan adalah merasa senang. Kencing kegirangan biasanya terjadi pada anak anjing. Namun, anjing tidak akan kehilangan kebiasaan itu dalam semalam. 

Anak anjing cenderung buang air kecil saat merasa senang, seperti ketika bermain, saat Anda pulang ke rumah, atau saat ada orang dan anjing baru yang berkunjung.

Kesabaran dan pengertian akan sangat membantu melatih anak anjing untuk menghentikan perilaku ini dan Anda harus melakukan beberapa modifikasi pada rutinitas Anda dalam jangka pendek untuk membantu mencegah kecelakaan ini. 

Ada sejumlah masalah kesehatan yang dapat mempengaruhi kebiasaan buang air kecil dan kontrol kandung kemih anjing, termasuk infeksi saluran kemih, batu kandung kemih, dan sistitis, atau peradangan di dalam kandung kemih.

Selain itu, penyakit ginjal, diabetes, kerusakan saraf, atau cedera tulang belakang, serta gangguan fisik lainnya dapat menjadi penyebab anjing kencing sembarangan atau berlebihan.

Beberapa anjing juga memiliki kondisi yang dapat menyebabkannya mengeluarkan air seni atau buang air kecil tanpa disadari, yang dikenal sebagai inkontinensia. Hal ini dapat terjadi secara bawaan atau berkembang pada kemudian hari.  

Penting diperhatikan, anjing jantan yang belum dikebiri akan menandai atau sengaja mengencingi sesuatu. Ini adalah perilaku normal untuk anjing jantan meski idealnya mereka membatasi aktivitas ini hanya di luar rumah.

Ketika anjing jantan dikebiri, biasanya perilaku ini akan hilang sama sekali atau setidaknya mengurangi perilaku menandai perilaku.

Jika perilaku tersebut berlanjut lama setelah dikebiri, bicarakan dengan dokter hewan tentang cara-cara memodifikasi perilaku tersebut dan mengesampingkan masalah medis yang mendasarinya.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/11/04/091700376/penyebab-anjing-kencing-sembarangan-saat-merasa-takut-dan-senang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke