Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Ras Kucing Paling Cerdas di Dunia, Mudah Dilatih dan Bisa Jaga Rumah

Tidak terlalu sulit mengidentifikasi apakah seekor kucing cerdas atau tidak. Kucing yang cerdas mudah dilatih, berinteraksi baik dengan hewan lain, serta dapat beradaptasi dengan situasi dan lingkungan baru.  

Sebagian besar kucing cerdas menyukai tantangan, mempelajari trik, dan bermain permainan interaktif.

Selain kucing yang tergolong cerdas memahami rutinitas rumah tangga, seperti kapan biasanya pemiliknya pulang, waktu makan, dan kapan harus melakukan aktivitas tertentu.  Hal ini juga membuatnya bisa menjadi penjaga rumah seperti anjing. 

Kucing yang cerdas dapat datang dari ras mana pun, dari ras kecil, besar, hingga campuran. Namun, kesamaan di antara kucing cerdas adalah memiliki banyak energi dan sifat "nakal". Kenakalan itu lebih pada rasa ingin tahu yang dimiliki kucing.

Lantas, ras kucing apa saja yang tergolong cerdas? 

Disadur dari The Spruce, Senin (18/9/2023), berikut sejumlah ras kucing paling cerdas di dunia.  

Abyssinians termasuk salah satu ras kucing paling cerdas di dunia dan sangat selaras dengan aktivitas keluarganya.

Ras kucing ini menyukai ketinggian, bertengger di atas ruangan, juga mengawasi segala sesuatu.

Dari semua ras kucing, Abyssinian belajar trik dengan cepat dan senang mengikuti kursus ketangkasan kucing.

Namun, umumnya, Abyssianian bukan kucing pangkuan, tetapi senang dielus atau disisir bulunya. Kucing Abyssiania juga cenderung senang ditemani hewan lain serta beradaptasi baik di sebagian besar tempat tinggal.  

Balinese 

Kucing Balinese adalah versi berbulu panjang dari ras kucing Siam. Balinese cenderung menjadi kucing yang aktif dan suka menyelidiki semua hal yang dilakukan manusia.

Buat kucing Balinese tetap aktif dengan teka-teki atau mainan penggoda dan pohon kucing yang besar untuk dipanjat.

Balinese juga termasuk ras kucing paling cerdas, dapat belajar mengambil, berjalan dengan tali, dan mengetahui trik dengan cepat.

Ras kucing ini biasanya penuh kasih sayang dengan keluarganya, tetapi dapat menjadi nakal dan menjelajahi rumah jika dibiarkan terlalu lama tanpa stimulasi. 

Bengap berasal dari persilangan kucing domestik dengan kucing macan tutul Asia. Bengal adalah salah satu ras kucing paling cerdas di dunia, atletis, dan masih sedikit liar.

Kucing Bengal suka berlari, melompat, memanjat, dan bermain. Selain itu, membutuhkan ruang cukup untuk berolahraga dan tantangan mental, seperti permainan teka-teki serta mainan.

Cakarnya yang lincah hampir sama bagusnya dengan tangan. Beberapa dari kucing Bengal dapat menyalakan dan mematikan sakelar lampu, mengambil ikan peliharaan dari akuarium, serta mengeluarkan benda-benda kecil dari laci. 

Kucing Korat sangat cerdas dan penuh perhatian terhadap dunia di sekitar mereka. Selain itu, Korat cukup energik dan menikmati permainan interaktif, tetapi juga suka tidur siang.

Ras kucing ini dapat mempelajari trik, seperti bermain mengambil dan berjalan dengan tali. Anda dapat dengan mudah mengajari kucing ini peraturan rumah tangga jika menghadiahinya pujian atau camilan.

Kucing Korat menyukai mainannya dan terkadang terlalu keras kepala untuk berbagi dengan orang lain.

Jika memiliki banyak mainan, hal itu akan menyelesaikan masalah. Kucing Korat sangat menyukai perhatian dan biasanya penuh kasih sayang dengan keluarganya. 

Persilangan ini membuat kucing Savannah memiliki penampilan liar dengan tanda bintik-bintik pada bulunya yang menyerupai macan tutul. Tanda ini menjadi ciri khas kucing Savannah dan langsung menarik perhatian orang. 

Kucing Savannah membutuhkan banyak ruang untuk berlari, melompat, dan bermain. Selain itu, ras kucing ini juga cepat bosan, membutuhkan interaksi dan stimulasi lingkungan yang cukup.

Kucing Savannah akan mencari air untuk bermain serta mengobrak-abrik sudut, laci, lemari, dan kotak, bahkan dapat dapat menyalakan keran air.

Pastikan Anda melindungi porselen halus dan barang pecah belah lainnya di rak karena kucing pelompat ini suka memanjat serta menjelajah. 

Siamese

Terakhir, ras kucing paling cerdas di dunia adalah Siamese atau Siam. Siam juga menjadi ras kucing paling populer di dunia.

Kucing Siam dikenal karena bulunya indah, sifatnya selalu ingin tahu, dan cenderung cerewet. Kucing Siam juga dikenal  cerdas, penyayang, energik, senang bermain, serta mendambakan perhatian dan kebersamaan.

Buatlah otak kucing ini sibuk dengan teka-teki dan mainan penggoda. Berikan pohon kucing yang besar untuk dipanjat karena kucing Siam sangat menyukainya.

Jika bosan, kucing Siam akan menghibur dirinya sendiri dengan menyalakan keran air, membuka lemari, atau mengobrak-abrik tempat yang tidak seharusnya. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/09/18/071800076/6-ras-kucing-paling-cerdas-di-dunia-mudah-dilatih-dan-bisa-jaga-rumah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke