Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membersihkan Noda Air Sadah yang Membandel di Kloset

JAKARTA, KOMPAS.com - Noda air sadah bisa membuat kloset terlihat tidak bersih, bahkan jika Anda sudah membersihkannya secara rutin.

Noda ini disebabkan oleh mineral yang terkandung dalam air, seperti magnesium, kalsium, dan zat besi. Jika kadar mineralnya tinggi, noda bisa menjadi putih, berkarat, atau berkapur.

Dikutip dari Real Simple, Rabu (30/8/2023), Anda bisa menghilangkan noda air sadah yang membandel di kloset dengan mudah menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah, yaitu cuka dan baking soda.

Bahan dan alat yang dibutuhkan

  • Cuka putih
  • Baking soda
  • Gelas takar atau gelas biasa
  • Sikat kloset

1. Gunakan cuka putih

Siram kloset untuk menghilangkan kotoran terlebih dahulu. Tuangkan dua gelas cuka putih ke dalam mangkuk kloset.

Gunakan sikat kloset untuk menggosok cuka putih dan air ke seluruh mangkuk, pastikan menjangkau semua noda air sadah. Diamkan selama 5 menit agar asam asetat dalam cuka putih dapat bekerja.

2. Tambahkan baking soda dan perbanyak cuka putih

Tambahkan satu cangkir soda kue dan dua cangkir cuka lagi ke dalam mangkuk kloset, lalu akan ada reaksi berbusa. Biarkan selama 10 menit atau sampai busa menghilang.

Setelah busa menghilang, gunakan sikat kloset untuk menggosok mangkuk toilet. Pastikan untuk menggosok bagian bawah dan seluruh permukaan di atas air.

Biarkan selama 30 menit. Gosok mangkuk kloset dan bilas dengan air bersih.

Tips mencegah noda air sadah di kloset

Selain cara membersihkan, berikut adalah tips yang perlu Anda perhatikan untuk mencegah timbulnya noda air sadah yang membandel di kloset.

Pertama, bersihkan toilet secara rutin, setidaknya seminggu sekali dengan menggunakan pembersih berbahan dasar asam, seperti cuka atau air jeruk lemon.

Jika Anda tinggal di daerah dengan air sadah, tingkatkan pembersihan dengan menggunakan soda kue dan cuka sebanyak dua kali dalam sebulan.

Periksa pipa air di rumah Anda secara rutin. Jika ada pipa yang berkarat, gantilah dengan pipa baru.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/08/30/203900076/cara-membersihkan-noda-air-sadah-yang-membandel-di-kloset

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke