Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Langkah Membersihkan Karpet, Mudah Dikerjakan

JAKARTA, KOMPAS.com - Karpet menambahkan warna, tekstur, serta kenyamanan ke dalam rumah. Namun, seiring penggunaan, karpet rentan kotor karena debu hingga tumpahan makanan atau minuman.

Untuk menjaganya tetap dalam kondisi terbaik dan tahan lama, penting mengetahui cara membersihkan karpet dengan tepat sesuai bahannya. Untungnya, tidak sulit membersihkan karpet secara efektif.

Sebagai langkah awal, Anda dapat memeriksa label perawatan atau mengikuti panduan pembersihan untuk jenis bahan tertentu, kata Daniel Prendergast dari The Rug Seller, dikutip dari Homes and Gardens, Minggu (27/8/2023).

Berikut sejumlah langkah membersihkan karpet yang bisa dilakukan dengan mudah.

1. Gunakan pembersih karpet yang tepat

Sebagian besar karpet dapat dibersihkan dengan sampo karpet. Larutan air hangat dan sabun cuci piring dalam mangkuk atau ember dapat digunakan jika perlu membersihkan noda dengan segera.

Penting pula memiliki penyedot debu, handuk dapur untuk mengelap noda, serta spons dan sikat.

2. Bersihkan dengan vacuum cleaner secara teratur

Bersihkan karept secara teratur dengan vacuum cleaner secara teratur pada bagian atas serta bawah karpet. Hal ini karena pasir dan debu dapat masuk ke dalam serat karpet.

Jika memiliki hewan peliharaan, vacuum cleaner khusus bulu hewan peliharaan bisa menjadi pilihan. Anda juga dapat membawa karpet ke luar saat cuaca cerah dan menggoyangkan atau memukul-mukulnya.

Umumnya, lantai berkarpet harus dibersihkan dengan vacuum cleaner setidaknya dua kali seminggu, kata Prendergast.

3. Gunakan bubuk penyegar karpet antibakteri

Selain membersihkannya, Anda bisa menyegarkannya dan menetralkan baunya dengan bubuk penyegar karpet.

Ada bubuk antibakteri yang bisa ditaburkan pada karpet untuk membersihkannya dari kuman, tapi selalu uji coba pada bagian kecil terlebih dahulu, sebut Prendergast.

4. Gunakan sampo karpet

Sampo yang dirancang khusus untuk karpet, dan lebih baik lagi sesuai dengan bahan karpet Anda, akan memberikan hasil terbaik untuk pembersihan rutin atau darurat.

Apa pun yang Anda beli, penting mengikuti petunjuk dari produsen. Lucy Searle, Editor in Chief Homes & Gardens, mengatakan selalu menyarankan menguji sampo pada bagian kecil, idealnya di sudut, terlebih dahulu.

Hal ini sangat penting terutama jika karpet Anda berwarna-warnai karena pada beberapa bahan, warnanya akan mudah luntur atau pudar, ungkap Searle.

Larutan sabun cuci piring yang ringan dan air hangat adalah pilihan terbaik kedua, tapi bisa menjadi pilihan tepat jika memiliki noda yang harus dibersihkan sebelum mengering.

Bilas karpet sehingga benar-benar bersih. Jika tidak membilas sabun secara menyeluruh, karpet dapat menjadi lengket dan menarik lebih banyak kotoran dalam jangka pajang.

Bersihkan sebanyak mungkin sampo dari karpet dengan handuk dapur, tekan-tekan dengan kuat menggunakan tangan. Setelah itu, bersihkan dengan air bersih dan hangat menggunakan spons.

Anda perlu mengganti air secara teratur untuk memastikan air dapat mengangkat sampo dan kotoran dengan baik.

6. Biarkan mengering

Idealnya, jemur karpet di luar ruangan. Di dalam ruangan, Anda bisa mempercepat prosesnya dengan dehumidifier atau kipas angin, tapi hindari panas yang bisa membuatnya menyusut dan melengkung.

Sebagian karpet bisa dimasukkan ke dalam mesin pengering, namun periksa petunjuk pembersihan dari produsen terlebih dahulu. Tambahkan spray kain untuk menjaganya tetap wangi.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/08/27/145300576/6-langkah-membersihkan-karpet-mudah-dikerjakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke