Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Menghentikan Kucing Buang Kotoran di Taman

Sayangnya, ini adalah masalah yang harus dihadapi banyak dari pemilik taman dan kucing suatu saat. 

Untungnya, Anda bisa mempelajari cara menghentikan kucing buang air besar di taman hanya dengan beberapa langkah sederhana dan bantuan ahli perilaku hewan.

Claire Roberts, Dokter hewan di The People's Dispensary for Sick Animals (PDSA)—abadan amal veteriner di Inggris Raya—mengatakan jika melihat sahabat berbulu menyukai taman, ada beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mendorongnya pergi ke tempat lain.

"Kucing biasanya adalah hewan yang sangat bersih,dan bisa jadi sangat rewel tentang toilet," katanya. 

Baik itu kucing peliharaan sendiri, kucing tetangga, maupun kucing liar, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mendorongnya melakukan "bisnis" di tempat lain.

Disadur dari Ideal Home, Jumat (25/8/2023), sejumlah ahli hewan membagikan cara menghentikan kucing buang kotoran di taman.   

Dengan melakukan hal itu, akan menghilangkan bau yang dapat membuat kucing enggan buang kotoran di sana lagi.

"Pastikan menggunakan produk pembersih yang aman untuk hewan peliharaan saat melakukan hal ini," ucap Claire.

Untuk area berumput, siram area tersebut, lalu mengoleskan larutan cuka putih yang diencerkan untuk membersihkan sisa-sisa kotoran di halaman Anda.

Campurkan cuka putih dan air dengan perbandingan sama ke dalam botol semprot, kemudian semprotkan ke area yang terkena serta jauhkan dari tanaman dan hewan liar. 

Cara terbaik memastikan kucing terus menggunakan kotak pasirnya adalah mengosongkannya secara teratur serta menempatkannya di beberapa tempat di sekitar rumah.

Sebaiknya, memiliki dua nampan kotoran untuk kucing sehingga tidak terdorong untuk buang air di taman jika kotak pasir terasa jauh.

Coba letakkan salah satunya di sebelah pintu masuk ke taman. Jadi, jika kucing keluar untuk buang air besar, mereka bisa dengan mudah menemukan kotorannya di tengah jalan. 

"Mungkin ada baiknya juga memperhatikan jenis litter yang digunakan karena beberapa pilihan tertentu mungkin tidak nyaman bagi kaki kucing Anda," tambah Claire.  

Gunakan wewangian sebagai pencegah

Selanjutnya, cara menghentikan kucing buang kotoran di taman adalah menggunakan wawangian. Gunakan aroma yang tidak disukai kucing.

"Kucing memiliki hidung sensitif dan dapat dihalau dari taman dengan aroma yang kuat, seperti lavender atau kayu manis, yang dicampur dengan air dan disemprotkan ke tanaman Anda," imbuh Gemma Vincent, Manajer Produk Hayter.

Bisa pula menggunakan kulit jeruk yang sudah dipotong-potong untuk mencegah kucing buang kotoran di taman. "Minyak dalam kulit jeruk akan menjauhkan kucing dari hamparan bunga," ujar Axel. 

Alat penyiram atau perangkat suara ultrasonik yang berbunyi ketika mendeteksi gerakan di dekat taman akan mendorong kucing untuk pindah sebelum buang kotoran. 

Pengusir Kucing Ultrasonik Pestbye® cukup mencolok untuk tidak merusak tampilan ide lansekap taman.

Alat ini mengeluarkan suara berfrekuensi tinggi yang tidak akan bisa Anda dengar, tetapi kucing akan mendengarnya.

Ini adalah cara manusiawi mendorong kucing peliharaan meninggalkan taman. Sebagai alternatif, carilah alat penyiram yang diaktifkan dengan gerakan dan letakkan di sekitar taman. 

Sediakan tempat kotoran 

Terakhir, cara menghentikan kucing buang kotoran di taman adalah menyediakan tempat kotoran.

Menetapkan sebuah area di taman untuk menampung kotoran kucing setidaknya akan menghentikannya meninggalkan kotoran. 

Sedikan tempat kotoran yang dangkal dan mudah dijangkau, lalu isi dengan kotoran yang ramah kucing.

"Ini mungkin terdengar aneh, tapi bisa mendorong kucing menggunakan area ini dengan meletakkan sebagian kotorannya di sana," kata Richard Mann, Pendiri Premier Porcelain.

Meski sedikit sulit dilakukan, mendorong kucing untuk menggunakan area yang telah ditentukan adalah solusi jangka panjang jika Anda berhasil melakukannya. 

Sekarang Anda sudah tahu cara menghentikan kucing buang kotoran di taman. Kini, dapat kembali menikmati taman yang indah dan bebasa bau kotoran kucing. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/08/25/095224676/5-cara-menghentikan-kucing-buang-kotoran-di-taman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke