Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Trik Mengecat Dinding Ruangan Sempit agar Terasa Luas

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu cara membuat ruangan sempit terasa lebih luas adalaah dengan cat. Anda dapat menggunakan cat untuk menciptakan ilusi ruang yang lebih luas, tetapi ada juga tren yang membuat ruangan terasa gelap, mewah, namun nyaman.

Cat adalah cara yang mudah dan murah untuk memberikan dampak visual yang kuat pada ruangan, jelas desainer interior Lane McNab, dikutip dari Living Etc, Senin (21/8/2023).

Untuk ruangan kecil, ini bukan tentang warna persis yang Anda pilih dan lebih banyak tentang bagaimana Anda mengaplikasikan cat, tutur McNab.

Berikut beberapa trik mengecat dinding ruangan sempit agar terasa luas.

1. Pertimbangkan dinding aksen

Pendekatan yang bagus adalah mengecat satu dinding aksen untuk memberi ruangan kecil lebih dalam, karena itu bergantung sepenuhnya pada kontras sebagai perbandingan.

Beberapa desainer interior mengatakan dinding aksen gelap di ruangan yang dicat jika tidak, cahaya dapat menghasilkan keajaiban untuk ruang kecil.

Tapi bagaimana aksen dinding yang gelap membuat ruangan terasa lebih besar?

Dinding beraksen gelap bisa tampak surut, membuat ruangan terasa lebih besar dan lebih luas, tutur desainer interior Kathryn Findlay, pendiri Studio Findlay.

2. Gunakan warna terang

Naluri pertama Anda untuk mengecat ruangan sempit yang gelap dengan warna putih mungkin bukan ide terburuk untuk membuatnya terasa sebesar dan seterang mungkin. 

Warna seperti krem atau beige, putih pudar, atau krem sangat bagus untuk digunakan di interior, untuk membuka ruang karena warna ini tidak memiliki bobot visual coklat organik yang gelap atau kualitas klinis putih bersih, terang Jarret Yoshida, desainer interior di Brownstone Brooklyn.

Beige atau krem adalah warna latar belakang yang hangat yang memberi kita gagasan tentang kanvas kosong dan kehangatan.

3. Gunakan warna gelap

Alih-alih melawan karakteristik alami dari ruangan kecil dan gelap, banyak desainer interior sekarang merangkul kegelapan untuk ruang yang lebih dramatis dan tidak terlalu mencolok.

Bersandarlah pada faktor kenyamanan, saran Jamie Gasparovic, pemilik dan desainer utama di Studio Gaspo.

Pilih warna yang lebih gelap dan lebih murung dan cat dinding, trim, dan langit-langit dengan warna yang sama. Ini menciptakan getaran di dalam ruangan, dan merupakan cara yang sangat disengaja untuk mengangkat desain ruangan kecil dengan cat, ungkap dia.

Di satu sisi, skema warna gelap juga bisa membuat ruangan kecil terasa kurang sesak.

Warna yang lebih gelap juga akan menyorot jendela dan pemandangan ke luar, yang dapat membantu menjaga ruangan kecil agar tidak terasa sempit, ungkap McNab.

Saat Anda mencoba membuat ruangan kecil terasa lebih besar, langit-langit adalah tempat yang baik untuk memulai. Mungkin sulit untuk memahami apa efek langit-langit yang dicat pada ruangan.

Jika warna gelap menarik ruangan, misalnya, tentunya Anda harus selalu mengecat langit-langit dengan warna putih. 

Dengan warna yang tepat pada dinding, ini adalah trik yang sudah dicoba dan dipercaya. Untuk langit-langit rendah, menggelapkan dinding dan mengecat langit-langit dengan warna terang akan membuat ruangan terasa lebih lapang dan dinding lebih tinggi, ungkap McNab. 

5. Perspektif miring dengan dinding setengah dicat

Jika Anda mempertimbangkan dinding setengah dicat, apakah itu hanya dengan cat, atau dipadukan dengan panel dinding atau lis dinding, penting untuk mengetahui bagaimana ketinggian yang Anda pilih akan memengaruhi cara Anda memandang dimensi ruangan.

Menurut desainer interior Rudolph Diesel, kuncinya adalah menjaga warna bagian bawah tetap berat.

Cukup cat sepertiga bagian bawah ruangan dalam satu warna (harus jauh lebih gelap atau nada yang berbeda dengan bagian dinding lainnya) dan dua pertiga sisanya dengan warna terang, seperti abu-abu muda atau putih pudar, papar Diesel.

Trik ini berfungsi saat mata Anda tertarik pada warna yang lebih gelap atau lebih terang di bagian bawah dinding yang kemudian membuat sisa ruang antara dinding dan langit-langit tampak lebih panjang, membuat sudut pandang ruangan miring dan membuatnya tampak jauh lebih tinggi daripada aslinya, jelas Diesel. 

6. Sesuaikan warna dinding dengan furnitur

Orang-orang mencari nuansa cerah di rumah, tetapi menginginkan cat dan pencahayaan terasa hangat, nyaman, dan mengundang, ucap desainer interior Jennifer Davis.

Agar lebih terang, lebih bersih, dan lebih hangat, yang terbaik adalah memilih warna furnitur dan dinding dengan nada yang sama, saran dia. 

Pikirkan tentang ide ini untuk sesuatu seperti ruang tamu apartemen kecil khususnya, di mana sofa menjadi fitur dominan ruang. 

7. Cat langit-langit sama seperti dinding

Saat Anda mencoba membuat ruangan kecil terasa lebih besar, pendekatan yang baik adalah dengan langit-langit dan dinding yang dicat. Warna gelap dapat menciptakan efek kotak perhiasan, dan membuat ruangan terasa nyaman dan ramah.

Pendekatan lain adalah dengan memilih dua warna berbeda untuk dinding dan langit-langit.

Untuk langit-langit rendah, menggelapkan dinding dan mengecat langit-langit dengan warna terang akan membuat ruangan terasa lebih lapang dan dinding lebih tinggi, papar McNab.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/08/21/200000776/7-trik-mengecat-dinding-ruangan-sempit-agar-terasa-luas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke