Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Membeli Rumah yang Perlu Diketahui Anak Muda

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah adalah salah satu kebutuhan penting. Akan tetapi, jika Anda berencana membeli rumah, khususnya rumah pertama, jangan terburu-buru.

Generasi milenial harus mengetahui tips membeli rumah pertama agar tidak menyesal di kemudian hari. Menurut pemilik pengembang perumahan Bright Eight Group Mohammad Yusuf Wuisan, anak muda yang ingin mewujudkan tempat tinggal impian harus bijaksana dalam mengambil keputusan.

“Jadi, jangan sampai terlalu emosional dan terburu-buru dalam menemukan hunian terbaik,” kata Yusuf dalam pernyataannya, Selasa (8/8/2023).

Menurut Yusuf, ada beberapa tips membeli rumah yang perlu diketahui anak muda agar tidak salah mengambil keputusan.

1. Sesuaikan dengan kondisi finansial

Anak muda terlebih dulu harus mengetahui kondisi finansial sebelum membeli rumah. Calon pembeli rumah juga harus membuat rencana jangka waktu pembelian hunian.

Hal ini dapat memudahkan dalam menentukan besaran alokasi gaji untuk pelunasan uang muka dan cicilan bangunan tempat tinggal. Pastikan beli rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansialmu.

2. Pastikan lokasi strategis, aman, dan nyaman

Lokasi strategis adalah salah satu alasan kuat untuk membeli rumah. Akses angkutan umum mudah, sekolah yang dekat serta fasilitas rumah sakit yang tidak terlalu jauh.

Selanjutnya, pastikan keamanan lokasi tempat tinggal. Jangan sampai Anda membeli tempat tinggal di daerah yang rawan banjir atau tanah longsor.

Selanjutnya adalah keindahan kompleks perumahan dan keasriannya.

Yusuf menjelaskan, kawasan Bright Eight City Bintaro yang memiliki beberapa kompleks perumahan bisa menjadi contoh. Salah satunya adalah kompleks perumahan Golden Palma Bintaro dengan total 91 unit tipe rumah split level tipe kecil dengan luas tanah 60 meter.

“Memiliki desain unik seperti rooftop karena sektor anak muda yang ditargetkan untuk kumpul-kumpul cocok untuk umur 25 sampai 45,” ungkapnya.

Harga rumah yang ditawarkan adalah sekitar Rp 1,2 miliar dengan berbagai kemudahan.

"Jadi ada cash bertahap 12 kali, dan KPR bank. Kita memang memegang tiga prinsip yaitu Perubahan, Perbaikan dan Perbaruan, karena kenyamanan dan keamanan bagi warga perumahan kita adalah prioritas utama,” jelas Yusuf.

Sebagai informasi, Golden Palma Bintaro berada di dalam Kawasan Bright Eight City Bintaro dengan luas kurang lebih 20 hektar. Perumahan ini mengusung tema rumah minimalis, dengan rumah tumbuh, dilengkapi layout unit split level.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/08/08/174000576/tips-membeli-rumah-yang-perlu-diketahui-anak-muda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke