Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Anjing Golden Retriever Vs Flat-Coated Retriever, Serupa tapi Tak Sama

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing Golden Retriever adalah salah satu ras anjing popiler di dunia. Namun, ada juga "sepupu" Golden Retriever yang sering dikira sebagai anjing coklat ini, yaitu Flat-Coated Retriever.

Meskipun anjing Flat-Coated Retriever mungkin tidak sepopuler Golden Retriever, keduanya memiliki banyak kesamaan.

Akan tetapi, ketika memilih kandidat yang ideal untuk menjadi anjing peliharaan di rumah, Anda pasti ingin memilih yang tepat. Dari kepribadian hingga atribut fisik, berikut penjelasan mengenai anjing Golden Retriever dan Flat-Coated Retriever, dikutip dari Hepper, Senin (7/8/2023).

Secara umum, yang membedakan anjing Golden Retriever dan Flat-Coated Retriever yang mudah diperhatikan adalah bulunya. Flat-Coated Retriever bulu mantel hitam mengkilap yang rata.

Selain itu, anjing ini juga memiliki kepala panjang yang khas. Sementara itu, anjing Golden Retriever memiliki bulu ganda berwarna emas yang tebal.

Selain itu, anjing-anjing ini terlihat mirip karena ekspresi bahagia dan fitur lembutnya.

Sekilas sejarah

Golden Retriever telah berkembang cukup jauh dari asalnya di Skotlandia, menjadi favorit bagi banyak keluarga. Flat-Coated Retriever awalnya dibiakkan di Inggris Raya dan masuk ke daftar ras anjing yang diakui American Kennel Club (AKC) lebih cepat dari Golden Retriever.

Anjing Flat-Coated Retriever menjadi bagian dari AKC pada tahun 1915, 10 tahun sebelum Golden Retriever pada tahun 1925.

Kedua anjing ini diberi tugas berburu untuk mengambil unggas air dan hewan darat kecil. Anjing-anjing ini memiliki mulut yang sangat lembut, tidak membuat memar atau melukai otot hewan yang tertangkap.

Golden Retriever kemudian menjadi salah satu anjing keluarga yang populer. Meskipun kurang umum, menempati peringkat ke-91 dalam daftar popularitas AKC, Flat Coated Retriever masih menjadi anjing kesayangan karena sifatnya yang ramah dan jinak.

Kepribadian

Ada beberapa ciri kepribadian yang dimiliki oleh kedua anjing tersebut. Mereka secara alami menyenangkan dan sangat menyayangi pemiliknya.

Mereka berbaur dengan baik dengan berbagai jenis gaya hidup pemiliknya. Masing-masing akan melakukan hal yang sama baiknya sebagai petualang luar ruangan atau pendamping di rumah.

Mereka menyenangkan dan ramah. Mereka cenderung menyukai anak-anak dan bergaul dengan sebagian besar hewan peliharaan lainnya.

Karena akar berburu mereka, mereka mungkin sedikit cenderung bermain-main. Tetapi keduanya bukan anjing yang agresif atau kasar terhadap manusia atau hewan.

Sementara setiap anjing intuitif dengan emosi Anda, Flat-Coated Retriever tampaknya sedikit lebih emosional. Mereka tidak suka gangguan pada rutinitas sehari-hari mereka dan mungkin tidak memahami hal-hal sebaik Golden Retriever.

AKC menyebut Flat-Coated Retriever sebagai "Peter Pan" di dunia anjing, tetap awet muda dan bersemangat. Mereka lucu, suka bermain, dan selalu ceria berada di sekitar.

Golden Retriever sama menyenangkannya. Namun, mereka menganggap serius tugas jika Anda memberi mereka sebuah tugas.

Flat-Coated Retriever dapat menangani menghabiskan sebagian dari hari mereka sendirian. Mereka dapat menemukan hal-hal untuk mengisi waktu mereka dan mencari hiburan dalam bentuk mainan.

Adapun Golden Retriever menjadi stres jika mereka menghabiskan terlalu banyak waktu jauh dari orang. Mereka jauh lebih baik dengan setidaknya satu orang di rumah hampir sepanjang waktu.

Kedua anjing ini cocok dengan anak-anak dari segala usia dan hewan lainnya. Keduanya menyukai anjing lain, jadi memiliki pendamping bagi mereka adalah ide yang positif.

Keduanya cenderung tidak bisa menjadi anjing penjaga yang ideal, karena mereka terlalu ramah dengan manusia.

Penampilan fisik

Sesuai dengan namanya, Golden Retriever memiliki bulu yang bervariasi dalam warna emas dari krem hingga mahoni merah. Flat-Coated Retriever memiliki bulu warna hitam pekat hingga berwarna hati.

Masing-masing memiliki distribusi bulu yang serupa, dengan bulu yang lebih panjang di sekitar telinga, perut, dan ekor. Keduanya membutuhkan penyikatan secara teratur dan merupakan penumpah rata-rata.

Kedua anjing ini serupa dalam hal struktur dan berat. Golden Retriever jantan memiliki berat rata-rata 32 hingga 37,5 kg, sedangkan betina memiliki berat antara 30 hingga 35,5 kg.

Flat-Coated Retriever memiliki berat rata-rata 30 hingga 35,8 untuk jantan dan 25 hingga 32 kg untuk betina.

Masing-masing anjing ini kokoh dan bugar tetapi rentan terhadap obesitas. Jadi, Anda harus memastikan untuk menjatah makanan mereka, agar mereka tidak kelebihan berat badan.

Kecerdasan

Kedua anjing tersebut sangat menerima pelatihan dan kepatuhan. Sementara Golden Retriever unggul dalam tugas, Flat-Coated Retriever mungkin lebih baik dibiarkan sebagai pendamping saja.

Flat-Coated Retriever mungkin unggul dalam peran yang membutuhkan terapi, layanan, atau pekerjaan terkait lainnya, tetapi umumnya tidak digunakan untuk tujuan ini. Karena mereka sedikit lebih keras kepala daripada Golden Retriever, mereka mungkin juga tidak mudah diajar.

Namun, jangan meremehkan kecerdasan mereka, karena mereka brilian.

Golden Retriever banyak digunakan dalam peran terkait pekerjaan. Mereka adalah anjing pemandu, layanan, dan terapi yang sangat baik.

Untuk aroma, mereka dapat dilatih untuk menangkap reaksi diabetes dan memberi tahu orang tersebut tentang serangan yang akan datang. Mereka dapat membantu orang buta dan menjadi sahabat yang luar biasa bagi anak-anak dan orang dewasa dengan berbagai cacat mental atau fisik.

Kedua ras mengambil perintah dasar tanpa masalah. Mereka adalah kandidat yang ideal untuk tugas, dan masing-masing berkembang dengan penguatan positif sambil belajar.

Masalah yang paling sering terlihat pada trah ini adalah kanker, yang bisa muncul dalam berbagai bentuk.

Mereka mungkin juga rentan terhadap displasia pinggul dan patela yang mewah, yang merupakan masalah persendian yang mengganggu banyak keturunan yang lebih besar.

Golden Retriever memiliki beragam masalah kesehatan yang dapat mereka derita dari masa kanak-kanak hingga usia tua. Meskipun mereka umumnya sehat, mereka dapat memiliki banyak masalah yang berkembang seiring berjalannya waktu.

Masalah yang sering terlihat di antara trah ini adalah alergi, hipotiroidisme, katarak, kembung, displasia pinggul, dan atrofi retina progresif.

Namun, masalah terkait kematian yang paling terkenal di Golden Retriever tetaplah kanker. Di Amerika Serikat, lebih dari 60 persen anjing Golden Retriever akan mati karena beberapa jenis kanker.

Mereka hidup rata-rata 10 hingga 12 tahun secara umum.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/08/07/174000376/anjing-golden-retriever-vs-flat-coated-retriever-serupa-tapi-tak-sama

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke