Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Hal yang Harus Ada di Kamar Kos agar Nyaman Dihuni dan Estetik

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda atau anak Anda baru diterima di universitas dan akan tinggal di kamar kost atau indekos, ada banyak perencanaan dan persiapan yang harus dilakukan. Salah satunya adalah barang-barang yang harus ada di kamar kost.

Kamar kost akan menjadi tempat tinggal Anda selama kuliah. Tentu Anda ingin kamar kost nyaman untuk dihuni, mendukung istirahat dan belajar.

Dikutip dari Homes & Gardens, Kamis (3/8/2023), saat merencanakan ide dekorasi kamar kos agar rapi dan nyaman dihuni, ada beberapa hal penting yang perlu Anda bawa yang akan membantu memanfaatkan ruang yang tersedia sebaik mungkin, serta menciptakan pengaturan yang bergaya dan unik.

Dari pentingnya penyimpanan hingga kreativitas yang dapat dihadirkan dengan dekorasi artistik, berikut beberapa barang yang harus ada di kamar kost agar nyaman dihuni.

1. Mulailah dengan penyimpanan

Anda mungkin terbiasa memiliki barang-barang yang disimpan di beberapa lokasi di rumah, tetapi Anda harus memadatkannya agar semuanya dapat dengan mudah masuk di kamar kost.

Jadi, satu hal yang baik untuk dimiliki di kamar kost adalah banyak penyimpanan yang dirancang khusus untuk mengatur kamar kost.

Ada banyak kamar kost dirancang dengan area penyimpanan built-in, banyak yang memiliki tempat tidur tinggi dengan penyimpanan di bawah tempat tidur, dan meja, lemari, dan area rak yang besar.

Namun, sebaiknya Anda membawa kotak, keranjang, peti, pakaian, dan pengatur lemari sendiri untuk memastikan barang-barang disimpan dan dipajang dengan cara yang rapi dan mudah diakses.

Ide penyimpanan kamar tidur kecil hadir dalam berbagai bentuk, ukuran, dan desain, jadi cerdas tentang penyimpanan di kamar kost akan membuat dunia berbeda.

Seperti kata pepatah, kamar yang rapi adalah pikiran yang rapi, kata editor digital Homes & Gardens Jennifer Ebert.

Ide penataan lemari akan menjadi kunci, karena ini adalah peluang penyimpanan terbesar, jadi perlu dimaksimalkan, ungkap Ebert.

Pastikan untuk membeli wadah penyimpanan dan rencanakan ide penyimpanan yang pas dengan kamar kost dan memiliki tujuan yang tepat, daripada membuat lebih banyak kekacauan dengan hal-hal yang tidak Anda butuhkan.

Dari pencahayaan tugas untuk belajar di meja, hingga cahaya ambien yang nyaman saat bersantai di tempat tidur, memastikan Anda memiliki banyak sumber cahaya di kamar kost tidak hanya akan membuatnya terasa lebih menarik, tetapi juga dapat membantu membuat zona ruang, menciptakan suasana yang sehat. pemisahan antara area yang berbeda dari ruangan.

Ide pencahayaan kamar tidur kecil sering terdiri dari lampu utama yang besar dan terang, seperti liontin atau serangkaian lampu sorot, dan kumpulan cahaya lain yang memikat, seperti lampu samping tempat tidur dan lampu lantai.

Untuk kamar kos, lampu meja dapat membantu Anda belajar secara produktif sepanjang hari. Jika ruang memungkinkan, lampu lantai juga dapat menghadirkan pencahayaan yang ramah dan fungsional.

Pencahayaan dekoratif dan atmosfer, mulai dari lampu string hingga lampu LED warna-warni dapat mengubah tampilan dan nuansa kamar kos, membantu transisi dari belajar dan bekerja menjadi bersantai dan bersosialisasi.

3. Perhatikan tempat tidur

Tempat tidur di kamar kost mungkin akan menjadi perabot terbesar dan satu-satunya fitur yang mengatur ruang di dalam kamar, jadi tingkatkan area ini dengan tempat tidur yang berwarna-warni dan menarik, bantal yang tersebar, selimut dan lemparan akan membuat sebuah ruang tidur bergaya dan pengaturan paling nyaman.

Tempat tidur juga dapat membantu memusatkan skema warna. Gunakan warna serupa untuk objek dan dekorasi lain di sekitar ruangan, dijamin akan menciptakan tampilan yang stylish, dipikirkan matang-matang, dan kohesif, terang Lucy Searle, pemimpin redaksi Homes & Gardens.

4. Pastikan Anda memiliki semua kebutuhan belajar

Alasan utama Anda kuliah adalah untuk belajar. Jadi, pastikan untuk memiliki semua yang Anda butuhkan di kamar kos untuk sesi belajar yang produktif.

Banyak kamar kos dilengkapi dengan meja belajar built-in, tetapi terserah Anda untuk menata area ini sehingga Anda memiliki ruang yang lengkap dan menarik untuk duduk dan bekerja.


Kalender meja, papan buletin, buku catatan, pengatur meja, pulpen dan kertas, serta area untuk menyimpan buku, laptop, komputer, keyboard dan mouse, hanyalah beberapa alat yang diperlukan dan hal yang perlu diingat untuk mengatur meja belajar.

5. Jangan lupakan aksesoris dekoratif

Bagi banyak orang, salah satu bagian paling menarik saat pindah ke kamar kos adalah berkreasi dengan dekorasi dekoratif dan cara membuat ruangan terasa benar-benar milik Anda.

Jadi, hal-hal baik untuk dimiliki di kamar kos juga termasuk ide dekorasi dinding yang unik seperti hiasan dinding, cermin, stiker dan galeri foto, ornamen cantik, tanaman dalam ruangan, dan benda-benda bermakna; ada banyak kesenangan yang bisa didapat saat mendekorasi kamar kos.

Sentuhan akhir yang sederhana namun bermakna ini dapat membantu mengubah kamar kos menjadi ruang yang penuh dengan karakter dan kepribadian.

Mendekorasi kamar kos adalah kesempatan untuk bereksperimen dengan warna, ide desain, dan karya yang memberi Anda kegembiraan dan kebahagiaan, jadi lakukan yang terbaik untuk menciptakan tempat perlindungan penuh gaya yang menunjukkan siapa diri Anda.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/08/03/171800476/5-hal-yang-harus-ada-di-kamar-kos-agar-nyaman-dihuni-dan-estetik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke