Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mencuci Pakaian dengan Garam, Cegah Warna Luntur

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci pakaian tampak mudah dilakukan, namun sebenarnya perlu keahlian. Ada banyak hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat mencuci pakaian.

Misalnya, Anda sebaiknya tidak mencampur pakaian putih dengan berwarna, menggunakan pemutih yang aman untuk pakaian berwarna saat diperlukan, dan mengetahui berapa lama harus memasukkan pakaian ke dalam pengering agar tidak menyusut.

Satu masalah yang sering terjadi saat mencuci pakaian adalah warna luntur. 

Namun demikian, jangan khawatir. Dikutip dari House Digest, Rabu (2/8/2023), ada cara sederhana yang akan memastikan pakaian tidak luntur saat dicuci, yakni menggunakan garam.

Garam adalah salah satu bumbu paling serbaguna yang tersedia, karena ada begitu banyak cara yang bisa Anda gunakan di rumah.

Garam juga dapat digunakan untuk memastikan warna tetap menempel pada pakaian selama pencucian, bukan memudar atau luntur.

Keindahan pakaian terletak pada warnanya.  Meskipun menambahkan garam ke pakaian mungkin terdengar konyol, kiat ini berguna saat Anda ingin mempertahankan warna pakaian.

Berapa banyak garam yang harus digunakan untuk mencuci pakaian?

Jika Anda takut sesi cucian berikutnya akan menghilangkan warna pakaian, saatnya menggunakan garam. Menambahkan sedikit garam ke mesin cuci akan membuat kain tidak berubah warna.

Hal ini dapat sangat membantu saat mencuci pakaian baru, karena ini akan mencegah lunturnya warna.

Pengguna TikTok bernama @mama_mila_ menunjukkan cara mencuci pakaian dengan garam.Pertama, dia membalik seprai merah muda dan memasukkannya ke dalam mesin cuci.

Kemudian, dia menambahkan seperempat cangkir garam ke dalam tabung mesin cuci  sebelum menuangkan deterjen cair.

Dia juga mengganti pelembut kain dengan setengah cangkir cuka putih, yang merupakan cara lain agar pewarna tidak luntur. 

Sementara itu, kreator konten kebersihan di TikTok @shopping_cleantok membuktikan bahwa menambahkan sedikit garam ke cucian akan mencerahkan pakaian lama dan membuatnya tetap cerah.

Mengapa garam membuat warna pakaian tidak luntur?

Menjaga pakaian agar tidak luntur saat dicuci adalah hal yang paling penting untuk melindungi keutuhan kain. Garam secara kimiawi dikenal sebagai natrium klorida dan digunakan sebagai promotor saat mewarnai pakaian secara reaktif, karena membantu ikatan molekul pewarna dengan kain.

Selain itu, garam tidak hanya dapat mengunci warna pakaian, tetapi juga dapat mengembalikan kilau jika kain telah kehilangan warnanya.

Namun, jika Anda akan menggunakan garam untuk mencuci pakaian, maka Anda perlu memastikan tidak ada faktor lain yang menghalanginya.


Seperti yang dijelaskan @mama_mila_ dalam video TikToknya, Anda harus menggunakan air dingin untuk mencuci pakaian.

Meskipun mencuci pakaian dengan air panas dapat menghilangkan beberapa patogen yang peka terhadap panas dan membersihkan pakaian, hal itu juga dapat berdampak negatif pada beberapa jenis kain, menyebabkannya memudar dan menyusut.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/08/02/154800576/cara-mencuci-pakaian-dengan-garam-cegah-warna-luntur

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke