Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tips Mendekorasi Rumah dengan Warna Hijau

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna hijau menjadi salah satu warna yang banyak menjadi pilihan dalam dekorasi ruangan. Membawa kesan alami yang menenangkan, hijau dapat dipadukan dengan berbagai warna lain.

Dikutip dari House Beautiful, Minggu (30/7/2023), Rachal Hutcheson, national retail manager di Sharps, mengatakan, alami, bersahaja dan mewah, warna hijau adalah warna yang tak lekang oleh waktu yang membawa nuansa alami ke rumah. 

Berikut ini sejumlah tips mendekorasi rumah dengan warna hijau.

1. Pilih pasangan warna berdasarkan suasana ruangan

Warna hijau dapat dipadukan secara mulus dengan palet warna lainnya. Untuk membantu menentukan pilihan, bayangkan nuansa atau suasana yang ingin Anda ciptakan di ruangan tertentu.

Sebagai contoh, forest green bisa dipasangkan dengan aksen hitam untuk mendapatkan tampilan yang nyaman dan dalam, atau cerahkan dengan perabot warna netral seperti lantai kayu terang untuk menciptakan kesan hangat namun lapang.

Gisela Lancaster, head of buying di Sofology menyarankan mengombinasikan palet hijau dengan perabot netral dan aksesori sederhana untuk menciptakan tampilan minimalis modern atau tampilkan logam dan detail kompleks untuk kesan mewah.

2. Gunakan warna hijau untuk menyatu kembali dengan alam

Desain biofilik, yakni interior yang meminimalkan penghalang antara dunia luar dan dalam, meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Warna hijau adalah komponen penting dalam hal ini, baik Anda mengecat dinding atau menyuntikkan warna hijau melalui ornamen dan dekorasi.

Tanaman hijau dapat meningkatkan keindahan ruangan dan menciptakan tampilan hidup. Jika inign mengecat dinding, pilih warna yang bersahaja seperti forest, zaitun, atau sage.

Warna tersebut adalah jenis-jenis warna hijau yang membantu bersantai, cocok dipasangkan dengan aspek-asek lain dari interior biofilik seperti bahan alami dan palet warna netral atau terinspirasi dari alam.

3. Dapur adalah tempat tepat untuk memulai

Hijau adalah salah satu warna yang paling banyak diminati untuk dapur saat ini dan merupakan pilihan yang mudah beradaptasi, terlepas apakah tampilan yang Anda inginkan sangat modern atau lebih tradisional, ujar Sarah Lloyd, paint and interior specialist di Valspar.

Ia menambahkan, warna lebih gelap membantu memberikan kedalaman dan kehangatan pada ruangan serta mudah dipadukan dengan permukaan kayu dan lantai keramik yang netral.

Warna ini juga cocok dipadukan dengan perlengkapan emas atau kuningan seperti keran dan gagang pintu, memberikan kesan mewah dan santai pada ruangan.

Jika memperbarui peralatan dapur bukan menjadi pilihan Anda, mengecat dinding dengan warna hijau yang sesuai dengan kabinet juga menjadi pilihan yang bagus.

4. Ciptakan ruang hijau yang menenangkan


Ruang berwarna hijau menenangkan dan menyejukkan. Anda dapat menentukan ruang yang didedikasikan untuk bersantai.

Karena sifat warna yang damai, warna ini bekerja dengan sangat baik di ruangan seperti kamar tidur atau kantor rumah di mana Anda ingin menciptakan suasana seimbang dan restoratif untuk menenangkan pikiran, terang Helen Shaw, director of marketing di Benjamin Moore. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/30/110900676/4-tips-mendekorasi-rumah-dengan-warna-hijau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke