Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Kesalahan Dekorasi Ruang Makan Kecil yang Harus Dihindari

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang makan adalah tempat berkumpul dan menikmati makanan bersama keluarga dan tamu. Ruangan ini perlu ditata senyaman mungkin sehingga anggota keluarga maupun tamu merasa betah di dalamnya.

Pada ruang makan kecil, terdapat sejumlah kesalahan dekorasi yang harus dihindari untuk menciptakan ruang makan yang menarik dan berfungsi maksimal. 

Dikutip dari Ideal Home, Jumat (28/7/2023), berikut sejumlah kesalahan dekorasi ruang makan kecil yang harus dihindari.

1. Tidak mempertimbangkan meja makan bundar

Meja makan bundar memiliki kaki yang lebih kecil daripada meja persegi atau persegi panjang dengan ukuran sama. Hal ini dapat membuat ruangan lebih besar dari yang sebenarnya karena lebih banyak ruang lantai yang terlihat.

Beberapa desain menggunakan satu kaki di tengah dan bukan empat kaki, sehingga dapat mengatasi keterbatasan ruang gerak kaki.

Meja ini juga lebih ramah karena lebih mudah untuk berjalan di sekitarnya. Di samping itu, semua orang dapat melihat satu sama lain, memungkinkan percakapan mengalir lebih lancar.

2. Bermain aman dengan skema polos

Desain interior yang semarak dan penuh warna juga bisa diterapkan pada ruangan yang kecil. Menempatkan wallpaper dan kain bermotif akan menciptakan skema yang berani.

Hal ini membantu mengalihkan perhatian dari ukuran ruang makan dan mencerahkan sudut gelap.

Mulailah dengan warna yang cocok untuk dipadukan seperti biru dan hijau. Pertimbangkan pula elemen monokromatik.

Tambahkan aksen seperti merah atau kuning, namun pertahankan keseimbangan dengan lantai polos atau meja putih.

3. Berhemat pada penyimpanan

Jonathan Clark, creative director Shelved, mengatakan ruang makan sering kali memiliki banyak fungsi, dari menjadi tuan rumah hingga bersantap santai dan dalam beberapa kasus untuk mengerjakan pekerjaan rumah.

Karena itu, penting memiliki ruang cukup guna menyimpan segala sesuatu dengan aman.

Tidak menyediakan tempat penyimpanan yang cukup di ruang makan terkadang dapat membuat ruang kecil terasa lebih kecil, katanya.

4. Pencahayaan kurang memadai

Pencahayaan ruang makan yang baik akan membuat ruang makan kecil nyaman dan mengundang. Namun, pilihlah dimensi dengan cermat.

Saat menjamu keluarga dan teman di meja makan, pencahayaan yang baik adalah suatu keharusan. Ciptakan titik fokus dengan lampu gantung dekoratif di atas meja makan, untuk sebuah pernyataan, cobalah chandelier yang menarik perhatian, tutur Julian Page, head of design BHS.

Ia menambahkan, untuk ruangan yang lebih kecil, Anda dapat memilih kap lampu sempit, sedangkan pada ruangan yang lebih besar, Anda memerlukan kap lampu yang lebih lebar untuk mengisi ruangan dengan lebih baik.

5. Memasukkan meja besar

Furnitur besar memakan tempat, baik secara fisik maupun visual. Karena itu, penting memilih furnitur berukuran pas.

Simon Temprell, interior design manager Neptunus, mengatakan meja persegi sangat berguna untuk ditempatkan di sudut-sudut ruangan saat tidak digunakan.

Namun, jika Anda ingin menempatkan kursi di sekeliling meja setiap hari, ia mengingatkan bahwa dibutuhkan jarak minimal 150 cm untuk mendorong kursi agar bisa masuk dan keluar.

Pertimbangkan menggunakan bangku di salah satu sisi meja untuk menghemat ruang, saran dia.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/28/161941276/5-kesalahan-dekorasi-ruang-makan-kecil-yang-harus-dihindari

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke