Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Tips Sederhana Menyegarkan Tampilan Rumah, Tak Perlu Biaya Besar

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ingin memperbarui tampilan rumah, renovasi tak jarang menjadi pilihan. Namun, terdapat cara yang lebih sederhana untuk menghadirkan tampilan segar.

Hal ini bisa dilakukan dengan menata ulang ruang tamu, menambahkan tanaman hias, hingga sekadar merapikan area berantakan. Hal ini akan membawa tampilan berbeda dengan hanya menghabiskan sedikit waktu dan biaya.

Dikutip dari The Every Girl dan The Spruce, Kamis (27/7/2023), berikut sejumlah tips sederhana menyegarkan tampilan rumah.

1. Menata ulang ruang tamu

Ruang tamu merupakan salah satu ruangan yang paling sering digunakan. Hal ini dapat membuat area tersebut terasa cepat membosankan.

Beberapa penataan ulang sederhana dapat menyegarkan tampilan ruangan. Sebagai contoh, pindahkan sofa atau kursi, tukar bantal dan selimut dari ruangan lain, atau ganti karya seni di dinding.

2. Ganti dekorasi meja

Jika taplak meja sudah lama tidak diganti, ini saatnya menggantinya dengan beberapa pola dan warna segar. Singkirkan warna-warna gelap, pilih warna-warna pastel, nuansa putih atau warna-warna cearh sebagai gantinya.

Warna-warna tersebut akan memberikan kecerahan pada ruangan.

3. Tanaman atau bunga segar

Baik menambahkan tanaman hias atau buket bunga segar baru, membawa suasana alam ke dalam ruangan akan menyegarkan tampilan ruangan. Tanaman tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna.

Pilih tanaman atau bunga sesuai selera dan dekorasi rumah.

4. Merapikan area yang berantakan

Merapikan area berantakan akan membantu menyegarkan tampilan. Periksa area-area di rumah yang cenderung cepat berantakan seperti meja kopi, meja dapur, meja kerja atau permukaan lain, dan bereskan area-area tersebut.

Singkirkan benda-benda yang tidak lagi dibutuhkan.

5. Pencahayaan

Pencahayaan adalah cara lain menuegarkan tampilan rumah dengan cepat. Cobalah mengubah posisi lampu lantai, lampu meja, atau mengganti kap lampu.

Di malam hari, andalkan lampu dinding atau lilin untuk menghadirkan suasana hangat.

6. Mengganti bantal sofa

Bantal adalah dekorasi ruang tamu yang dapat diganti dengan cepat dan memiliki dampak cukup besar pada tampilan ruangan. Jika ruangan terasa sedikit membosankan, pertimbangkan menambahkan beberapa bantal dengan warna-warna cerah untuk menghadirkan suasana yang lebih bersemangat.

7. Tambahkan karpet baru

Karpet dapat menambahkan kehangatan dan mendefiniskan ruang. Pilih warna dan pola sesuai dekorasi ruangan.

Selain itu, penempatan juga memberikan dampak besar. Misalnya, menempatkan karpet secara diagonal yang dapat menambah daya tarik visual.


 

8. Mendekorasi dinding

Manfaatkan dinding untuk menghadirkan tampilan yang berbeda. Sebagai contoh, tempatkan beberapa rak apung untuk memamerkan beberapa pernak-pernik favorit, menambahkan karya seni besar.

Anda juga bisa membuat dinding galeri yang menarik dengan memajang sejumlah bingkai foto atau gambar.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/27/094500776/8-tips-sederhana-menyegarkan-tampilan-rumah-tak-perlu-biaya-besar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke