Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Inspirasi Desain Kamar Tidur agar Merasa Segar Saat Bangun Pagi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda selalu tidur larut malam, hal yang sering terjadi adalah tidak merasa segar saat bangun pagi. Cara Anda mendekorasi kamar tidur dan rutinitas bangun harian dapat membantu Anda meretas jam tubuh, sehingga Anda bisa merasa segar saat bangun.

Namun demikian, Anda juga dapat mengatur diri Anda untuk istirahat malam yang nyenyak dengan mengubah kamar tidur menjadi zona istirahat utama dan menerapkan kebiasaan yang akan membantu Anda merasa siap untuk tidur.

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan 7 sampai 9 jam tidur setiap hari, tetapi ketika tubuh kita secara alami ingin tidur dan bangun setiap hari bervariasi pada kronotipe kita, jelas Lindsay Browning, pakar tidur di Trouble Sleeping, dikutip dari Ideal Home, Senin (24/7/2023).

Orang yang terbiasa tidur larut malam mungkin kesulitan untuk bangun di pagi hari tetapi dapat dengan senang hati bekerja sampai jam 1 atau 2 pagi, sementara ada pula orang yang cenderung berada dalam kondisi terbaiknya di pagi hari dan ingin tidur lebih awal.

Rahasia untuk tidur lebih cepat adalah menciptakan lingkungan yang memberi sinyal ke otak kita bahwa sudah waktunya istirahat.

Rancang kamar tidur yang membuat Anda merasa bahagia, aman, dan tenang. Pilih warna yang dalam dan menenangkan, kain lembut dan taktil seperti beludru dan wol, dan beli tempat tidur, kasur, dan seprai berkualitas baik, saran Anne Marie Boyhan, ahli tidur dan pendiri The Sleep Care Company.

Semua elemen ini akan mendorong tubuh dan pikiran Anda untuk rileks sebagai persiapan untuk tidur, terang Boyhan.

Berikut beberapa inspirasi desain kamar tidur yang memudahkan Anda tidur dan merasa segar saat bangun pagi.

1. Pilih warna yang mendukung istirahat dan relaksasi

Anda pasti ingin ide warna kamar tidur mencerminkan preferensi gaya Anda sendiri, tetapi usahakan untuk memilih warna yang terkait dengan istirahat dan relaksasi.

Selain itu, dan yang terpenting, warna yang terlihat bagus dalam cahaya buatan.

Di malam hari, warna adalah alat yang ampuh yang dapat kita gunakan untuk membantu kita bersantai dan melepas penat. Nuansa hijau dan biru ideal untuk kamar tidur yang menenangkan.

Keduanya merupakan warna yang paling menenangkan dalam spektrum, dan mengingatkan kita pada alam, yang memiliki efek menenangkan, ucap direktur kreatif dan pakar warna Dulux, Marianne Shillngford.

Saran Shillingford adalah memilih warna yang terlihat segar dan cerah di siang hari, membantu Anda bangun di pagi hari, tetapi memiliki nada yang lebih lembut dalam cahaya lampu di samping tempat tidur.

Misalnya, teal biru tua menjadi sedikit lebih hijau, lebih lembut dan lebih hangat di malam hari tetapi terlihat segar di siang hari, ia memberi contoh.

Warna lain yang bekerja dengan baik untuk membantu tidur lebih awal adalah biru tua dan hijau, warna damson dan plum, dan warna terakota hangat.


Salah satu trik saat Anda memutuskan ide warna cat kamar tidur adalah menggunakan roda warna untuk menemukan palet warna yang harmonis.

Ini mungkin berarti memilih skema monokromatik dengan nuansa warna yang sama, atau memilih tiga atau empat warna yang bersebelahan pada roda warna.

2. Tambahkan permukaan reflektif untuk membantu Anda merasa nyaman

Jika Anda suka begadang, ada penolakan alami antara ingin tetap terjaga dan mengetahui bahwa Anda benar-benar perlu tidur.

Anda memerlukan sedikit energi dan minat pada dekorasi kamar tidur agar tidak merasa tidak bahagia di rumah sendiri.

Anda bisa menambahkan beberapa permukaan reflektif, seperti kaki lampu kuningan atau cermin berbingkai emas. Itu akan menangkap cahaya yang ada dan memantulkannya ke sekeliling ruangan, tetapi dengan cara yang halus dan menenangkan, ujar psikolog desain Amber Dunford.

Anda juga bisa memilih tekstil yang memiliki sedikit kemilau, seperti beludru, imbuh dia.

3. Pilih aroma untuk membantu Anda tertidur

Minyak esensial tertentu, seperti lavender, melati, dan kamomil, dikenal dapat menimbulkan perasaan tenang dan rileks, yang menyebabkan tidur lebih nyenyak.

Anda bisa menyalakan lilin beraroma atau menyemprot bantal kita dengan semprotan tidur, tapi itu mungkin tidak cukup untuk penderita insomnia atau mereka yang kesulitan tidur.


Ketika Anda menghirup minyak esensial, senyawa memasuki sistem penciuman melalui saluran hidung dan dari sana berdampak langsung pada sistem limbik. Ini adalah area otak yang berhubungan dengan emosi, ingatan, dan suasana hati, tutur Cheryl Hook, pendiri merek lilin dan pewangi rumah Melt.

Aroma yang bermanfaat dapat diperkenalkan dengan banyak cara, mulai dari memikirkan dengan hati-hati tentang mencuci tangan di kamar mandi hingga penggunaan spritzer, diffuser, dan lilin, imbuh Hook.

4. Gunakan cahaya pagi sebagai panggilan alarm 

Cahaya pagi sangat penting, baik untuk burung hantu malam maupun burung lark, karena membantu mengatur jam tubuh alami tubuh kita – jika kita tidak mendapatkan cukup cahaya alami di pagi hari, sebenarnya kita akan lebih sulit untuk tertidur di malam hari.

'Jika Anda mendekorasi kamar tidur Anda dengan palet night owl, pertimbangkan untuk mengecat dinding di seberang jendela Anda dengan warna yang lebih terang. Jika gelap, itu akan menyerap semua cahaya alami, tetapi jika warnanya sedikit lebih pucat, itu akan bersinar saat Anda membuka gorden di pagi hari, memperkuat manfaat positif dari cahaya alami dan membantu membangunkan Anda,' kata pakar warna Dulux, Marianne Shillingford.

'Pada akhirnya, jika Anda burung hantu malam, Anda tidak bisa melawan alam,' Amber Dunford setuju. 'Bersandar pada kecenderungan alami Anda dengan skema dekorasi Anda dan Anda akan merasa dan tidur lebih nyenyak.'

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/24/220200876/5-inspirasi-desain-kamar-tidur-agar-merasa-segar-saat-bangun-pagi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke