Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tanaman Hias yang Tahan Kelembapan, Aglonema hingga Anggrek

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak semua tanaman hias cocok untuk setiap kondisi rumah. Sebelum memilih tanaman hias, sebaiknya pertimbangkan paparan sinar matahari, kemampuan Anda untuk merawatnya.

Namun, satu faktor yang mungkin tidak Anda pertimbangkan adalah tingkat kelembapan rumah Anda dan apakah Anda telah menemukan tanaman hias yang tahan kelembapan atau tidak.

Dikutip dari Best Life, Sabtu (22/7/2023), berikut beberapa tanaman hias yang tahan kelembapan di dalam dan luar ruangan.

1. Peace lily

Tanaman bunga ini berasal dari hutan hujan tropis Amerika Selatan, sehingga dapat hidup dan tumbuh di tempat yang lembap.

Peace lily menyukai kelembapan karena stomatanya, bukaan kecil di permukaan daun, lebih terbuka dalam kondisi lembap, yang memungkinkan pertukaran gas yang lebih baik dan memungkinkannya berfotosintesis dengan lebih efektif, menghasilkan pertumbuhan yang lebih sehat dan lebih cepat, jelas Tony O'Neill, pakar berkebun, pendidik, dan pendiri Simplify Gardening.

Untuk merawat tanaman peace lily, tanamlah dalam media tanam yang menyerap air dengan baik di bawah sinar matahari tidak langsung.

Lap daunnya dengan kain lembap untuk mencegah penumpukan debu, yang dapat memperlambat fotosintesis.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa meskipun menyukai lingkungan yang lembap, peace lily tidak perlu sering disiram, saran O'Neill.


Anda hanya harus menyiraminya ketika bagian atas tanah terasa kering saat disentuh. Peace lily juga menyerap air dengan mudah, yang juga dapat membantu mengurangi kelembapan di rumah.

2. Pakis Boston

Pakis Boston terlihat indah dalam pot gantung seperti halnya pada pot berdiri. Tanaman ini berasal dari daerah tropis, yang menjelaskan kecintaannya pada kelembapan.

Ini bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk ruangan dengan kelembapan atau jika Anda tinggal di iklim lembap alami, ungkap Stephen Sullivan, pakar tanaman dan editor Plant Native.

Menurut Sullivan, pakis Boston telah beradaptasi untuk menyerap kelembapan dari udara dan tumbuh subur di lingkungan dengan kelembapan berkisar antara 50 hingga 80 persen.

Jauhkan tanaman di bawah sinar matahari yang cerah dan tidak langsung dan sirami cukup untuk menjaga tanah tetap lembap. Saat cuaca dingin, Anda mungkin perlu menyemprot tanaman dengan botol semprot beberapa kali seminggu.

3. Aglonema

Aglonema adalah salah satu tanaman hias populer yang memiliki daun dalam nuansa hijau, perak, dan merah. Tidak hanya menambah keindahan rumah Anda, tetapi juga membantu membersihkan udara, ungkap Andrew Laurier, pakar berkebun dan editor Be.Green.

Tanaman hias ini dapat tumbuh subur di daerah dengan cahaya alami rendah dan tidak memerlukan jadwal penyiraman yang ketat.

Laurier menyarankan untuk membiarkan bagian atas tanah mengering sebelum menambahkan lebih banyak. Tanaman ini peka terhadap angin dingin, jadi perhatikan di mana Anda meletakkannya selama cuaca sejuk.

4. Philodendron

Philodendron adalah salah satu tanaman yang mudah dirawat. Jadi pilihlah pecinta kelembapan ini jika Anda adalah pemula dalam perawatan tanaman hias.

Philodendron hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, menjadikannya serbaguna untuk ruang dalam ruangan yang berbeda, sebut Laurier.

Selain itu, Philodendron dapat beradaptasi dengan banyak situasi cahaya, jangan letakkan di bawah sinar matahari langsung, yang dapat menghanguskan daunnya.

Siram tanaman philodendron saat tanah kering. Anda tidak perlu menyiram tanaman ini secara berlebihan, karena dapat menyebabkan busuk akar.

Anggrek adalah tanaman yang indah dan elegan, yang terkenal dengan suasana tropisnya, yang tumbuh subur di lingkungan lembap, tutur Jane Hart, pakar bunga di FloraQueen.

Tingkat kelembapan yang tinggi membantu tanaman ini menyerap kelembapan melalui akar udaranya dan mempertahankan kerimbunan dedaunannya, imbuh dia.

Letakkan tanaman bunga anggrek di lokasi dengan cahaya tidak langsung untuk meniru efek kanopi pohon-pohon tinggi di hutan hujan tropis dan sirami secara menyeluruh dalam media tanam anggrek yang menyerap air dengan baik.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/22/210656276/5-tanaman-hias-yang-tahan-kelembapan-aglonema-hingga-anggrek

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke