Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Ras Anjing yang Paling Mudah Dilatih Menurut Pelatih Profesional

Melatih anjing tak hanya membuat perilaku anjing peliharaan lebih ramah, aman, dan terkendali, tapi juga membantu Anda dalam pemeliharaan. 

Dengan perawatan tepat, semua ras anjing sebetulnya dapat dilatih, tetapi ada beberapa anjing lebih cocok dengan situasi tertentu daripada yang lain sehingga mudah melatihnya. 

Layton Kelly, pelatih anjing profesional yang mengelola All Dogs Unleashed di Oklahoma City, Amerika Serikat, mengatakan banyak anjing yang memiliki kemampuan mempelajari keterampilan yang sama, mereka hanya perlu diajari dengan benar.

Namun, sebelum melatih anjing, Kelly mengatakan ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, seperti gaya hidup.

Jika Anda menghabiskan waktu berjam-jam setiap hari di luar rumah, sebaiknya tidak memelihara anjing. 

Perlu diingat, setiap ras anjing memiliki kepribadiannya sendiri. Hanya karena ras tertentu mungkin dikenal karena sifat-sifat tertentu, bukan berarti seekor anjing akan memiliki karakteristik tersebut. 

Nah, dilansir dari Mental Floss, Jumat (21/7/2023), berikut sejumlah ras anjing yang paling mudah dilatih.  

Doodle 

Meski secara teknis bukan anjing ras murni, Doodle dikenal sebagai anjing yang setia dan ingin menyenangkan pemiliknya.

Doodle sering kali adalah ras anjing yang ramah, cerdas, menyenangkan, dan penyayang. "Dari pengalaman saya, semua jenis anjing Doodle, termasuk Goldendoodle, Labradoodle, dan Aussiedoodle membuat segalanya menjadi sangat mudah," kata Kelly.

Golden retriever terkenal dapat dipercaya dan bertekad untuk menyenangkan pemiliknya. Ini adalah salah satu alasan Golden retriever adalah kandidat tepat untuk mempelajari tugas-tugas tertentu. 

Labrador retriever

Sama dengan sepupunya, Golden retriever, Labrador retriever juga menjadi ras anjing yang paling mudah dilatih. 

Kelly mengatakan Labrador retriever memiliki banyak sifat yang membuatnya menjadi kandidat baik untuk pelatihan khusus.

"Labrador merupakan anjing pemandu yang fantastis karena temperamen dan sikapnya. Ras anjing ini dapat menangani situasi stres yang tinggi."  

Menurut Kelly, anjing Bernese mountain dog mulai dikenal sebagai ras yang sangat cerdas dan unik. "Anjing Bernese mountain dogs seperti Golden retriever zaman modern," imbuhnya.

Ras anjing ini sangat cerdas dan memiliki temperamen hebat. Namun, Kelly memperingatkan ras anjing Bernese mountain dog mungkin tidak cocok untuk semua orang karena membutuhkan banyak ruang dan latihan.  

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/21/154000376/7-ras-anjing-yang-paling-mudah-dilatih-menurut-pelatih-profesional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke