Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Ide Desain Kamar Mandi Minimalis yang Nyaman Seperti Spa

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain kamar mandi minimalis adalah cerminan kehidupan modern. Jika Anda mendambakan ruang kamar mandi yang bersih, ramping, bebas kekacauan, namun berdesain tinggi, maka desain minimalis adalah pilihan yang sempurna.

Dikutip dari Living Etc, Senin (17/7/2023) minimalisme mampu membangkitkan rasa istirahat, ketenangan, dan kegembiraan. Di tengah kesibukan jadwal padat, kamar mandi bisa menjadi ruang beristirahat dan merawat diri yang menyenangkan.

Minimalisme dapat berarti banyak hal. Dalam pengaturan yang dinamis, itu bisa berarti melakukan lebih banyak dengan lebih sedikit, seperti memiliki detail yang indah atau profil tepi yang terkendali dan permukaan halus dari bahan yang elegan, kata Michael Kleeman dari Departemen Desain Interior Brenau University, AS.

Menurut Kleeman, minimalisme juga bisa berarti hidup dengan lebih sedikit, menciptakan ruang yang tenang dan damai dengan bahan dan tekstur yang jujur, tanpa banyak elemen aditif.

Namun demikian, kesalahpahaman yang umum adalah bahwa minimalis berarti kosong atau tampak klinis. Jika dilakukan dengan baik, ruang minimalis secara sempurna mencerminkan mereka yang tinggal di dalamnya.

Minimalis menghilangkan detail asing sehingga ada fokus pada keindahan yang melekat – materialitas, cahaya pada permukaan, bentuk, dan volume, sebut Kleeman.

Berikut beberapa ide desain kamar mandi minimalis yang menenangkan, sehingga membuat kamar mandi terasa nyaman seperti di spa.

1. Pilih palet warna yang menenangkan

Warna lembut memiliki kualitas yang menenangkan, karena tidak berlebihan atau membuat kesan dramatis.

Warna-warna lembut segera menenangkan pikiran dan menciptakan perasaan pelukan hangat.

Saat mempertimbangkan ide warna kamar mandi minimalis, pilih warna seperti beige atau krem, biru lembut, lavender, atau bahkan merah muda.

Pink membangkitkan perasaan kelembutan. Ini juga merupakan warna yang secara intrinsik terasa terkait dengan alam dan bunga, kata desainer interior Natalie Tredgett.

Secara psikologis itu menenangkan kita. Itulah mengapa sangat menyenangkan berada di ruangan berwarna pink.

2. Pertimbangkan desain wastafel yang ramping nan mulus

Wastafel bergaya palung yang terintegrasi dan mulus seperti yang digambarkan di atas adalah bahan pembuatan kamar mandi impian. Desain panjang melintasi dinding dan memberi ruang suasana kamar mandi seperti di spa.

Menariknya, desain seperti ini bergaya sekaligus fungsional, itulah sebabnya kita juga melihatnya di dapur minimalis.

Karena tidak ada bubungan atau lapisan, bentuknya yang ramping membuatnya mudah dibersihkan, dan pilihan tepat untuk kamar mandi keluarga yang sibuk. Ukuran yang dibuat khusus yang sesuai dengan ruang Anda akan bekerja dengan baik.

Hal-hal kecil membuat kamar mandi terasa seperti spa. Jendela dan pintu tipis berbingkai hitam telah mendapatkan popularitas berkat tampilan industrinya, dan tidak heran tren ini juga merembes ke kamar mandi modern.

Pintu shower berbingkai hitam yang dipoles terbuat dari aluminium atau baja mengangkat ruang mandi apa pun, memberi tepi minimalis modern, dan bahkan dapat membuat kamar mandi terlihat sangat apik.

Partisi ini menciptakan pemisahan ruang yang indah, terutama di kamar mandi besar, dan menutup area basah dengan baik sehingga kelembapan hanya terbatas pada satu bagian.

Kualitas dekoratif lain dari panel shower adalah memberikan perasaan eksklusivitas dan kebaruan pada ruang di belakangnya.

4. Pencahayaan

Gagasan minimalis berpusat pada less is more atau lebih sedikit lebih banyak. Tapi ingat, kurang bukan berarti sederhana.

Artinya, yang kurang harus berdampak, sehingga desain dan tema ruang dapat bergantung padanya.

Cara terbaik untuk menambahkan dimensi baru yang segar adalah melalui ide pencahayaan dinding kamar mandi. Pilih perlengkapan yang terlihat cerdas, dekoratif, atau bahkan berornamen, dan pertahankan sisa skema tetap rapi.

Selain lampu gantung atau sconce, cara lain untuk menambahkan layering pada kamar mandi minimalis adalah dengan lampu tersembunyi.


Pertimbangkan pencahayaan tidak langsung yang akan menambah suasana dan memberi kamar mandi perasaan seperti spa.

5. Gunakan perangkat kamar mandi berwarna hitam

Hitam diakui sebagai pilihan warna yang tidak konvensional untuk ruang apa pun, tetapi jika digunakan dengan cerdas, dapat terlihat memukau dan canggih, menciptakan kamar mandi mewah dalam prosesnya.

Untuk perangkat keras kamar mandi, pertimbangkan lapisan krom hitam matte yang menampilkan kedalaman warna yang kaya dan hasil akhir yang halus.

Inti dari minimalis di kamar mandi adalah garis yang bersih, bentuk pahatan, dan tidak ada kekacauan, sebut Emma Joyce dari House of Rohl.

Biasanya kamar mandi minimalis berwarna putih bersih, jadi pertimbangkan finishing matte untuk menyebarkan cahaya dan membuat ruangan terasa lebih hangat. Daripada kuningan krom mengkilap, pilih warna hitam matte, saran dia.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/17/171323176/5-ide-desain-kamar-mandi-minimalis-yang-nyaman-seperti-spa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke