Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menanam Tanaman Sage di Pot di Dalam Ruangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman herbal tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan. Menanam tanaman herbal di rumah juga bisa menjadi dekorasi, baik di halaman rumah maupun di dalam ruangan.

Sage (Salvia officinalis) adalah tanaman herbal yang umumnya digunakan dalam hidangan. Anda bisa menanam tanaman sage di dalam ruangan sebagai dekorasi ruangan.

Dikutip dari Gardening Know How, Senin (10/7/2023) perawatan yang tepat dari tanaman sage di pot di dalam ruangan menyediakan banyak daun untuk digunakan segar dalam makanan atau teh herbal.

Cara menanam tanaman sage di pot di dalam ruangan

Mempelajari cara menanam tanaman sage di dalam ruangan tidaklah sulit jika Anda memahami bahwa banyak cahaya diperlukan untuk berhasil menanam sage di dalam ruangan.

Jendela cerah dengan beberapa jam sinar matahari adalah awal yang baik setiap kali Anda menanam tanaman sage di pot.

Namun, kemungkinan besar, jendela yang cerah tidak akan memberi tanaman sage di pot cukup cahaya untuk tumbuh subur.

Oleh karena itu, pencahayaan tambahan dapat memperbaiki situasi dan seringkali diperlukan untuk perawatan tanaman sage di pot.

Tanaman sage membutuhkan enam hingga delapan jam sinar matahari penuh setiap hari. Jika jendela cerah tidak menyediakan sinar matahari sebanyak ini setiap hari, gunakan lampu neon saat menanam sage di dalam ruangan.

Lampu fluoresen ganda yang dipasang di bawah meja, tanpa lemari di bawahnya, dapat menyediakan tempat yang sempurna untuk tanaman sage di pot.

Untuk setiap jam sinar matahari yang dibutuhkan, beri sage yang tumbuh di dalam ruangan dua jam di bawah cahaya.

Tempatkan tanaman sage di pot setidaknya 5 inci atau 13 cm dari cahaya, tetapi tidak lebih dari 15 inci atau 38 cm. Jika cahaya buatan saja digunakan saat menanam sage di pot, berikan waktu 14 hingga 16 jam setiap hari.

Berhasil mempelajari cara menanam tanaman sage di dalam ruangan akan mencakup penggunaan tanah yang tepat juga.

Sage, seperti kebanyakan tanaman herbal, tidak membutuhkan tanah yang subur dan subur, tetapi media tanam harus memberikan drainase yang baik. Pot tanah liat alias pot terakota membantu drainase.

Perawatan tanaman sage di pot

Sebagai bagian dari perawatan tanaman sage di pot, Anda perlu meletakkan tanaman di tempat yang hangat, jauh dari angin, pada suhu sekitar 21 derajat celcius.

Sediakan kelembapan saat menanam sage di dalam ruangan, dengan nampan kerikil atau pelembap terdekat.

Menanam tanaman herbal lain dalam pot  terdekat juga akan membantu. Siram sesuai kebutuhan, biarkan bagian atas tanah mengering di antara penyiraman.

Jika Anda ingin menggunakan daun sage segar, gunakan dua hingga tiga kali lebih banyak daripada saat menggunakan daun sage yang dikeringkan dan panen daun sage sering untuk mendorong pertumbuhan.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/10/184800076/cara-menanam-tanaman-sage-di-pot-di-dalam-ruangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke