Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Kesalahan Dekorasi Ruang Tamu yang Harus Dihindari, Apa Saja?

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang tamu adalah salah satu ruangan penting di rumah, tidak hanya untuk menjamu tamu, namun juga sebagai area berkumpul keluarga, ruang kerja, hingga ruang belajar. Oleh karena itu, dekorasi ruang tamu harus dipertimbangkan dengan matang.

Namun demikian, banyak orang tidak menyadari bahwa mereka telah melakukan kesalahan dekorasi ruang tamu. Ini menyebabkan tampilan ruang tamu tidak sedap dipandang dan terkesan berantakan.

Dikutip dari Express UK, Minggu (2/7/2023), berikut beberapa kesalahan dekorasi ruang tamu yang harus dihindari.

Itulah mengapa pemilik rumah terkadang terkejut saat mengetahui bahwa bagian atau meja kopi yang indah yang mereka lihat di toko tampak seolah-olah memakan seluruh ruangan saat diletakkan di ruang tamu mereka.

Ukuran memang penting. Namun, ini bukan hanya tentang ukuran furnitur dan ukuran ruangan.

Ukuran pintu dan lorong juga perlu diperhatikan. Sebab, jika furnitur yang dibeli terlalu besar, maka akan sulit untuk memasukkannya ke ruang tamu.

Solusinya, Anda bisa memilih sofa-in-a-box yang mudah dibawa ke dalam rumah.

2. Membiarkan kabel terlihat

Ini berhubungan dengan TV dan kabel listrik. Kabel yang terlihat bisa tampak berantakan dan merusak tampilan ruang tamu.

Coba kaitkan kabel ke bagian belakang furnitur atau coba penutup kabel yang dicat dengan warna yang sama dengan dinding.

3. Kekacauan

Bekerja lebih cerdas dan tidak lebih keras dengan mengganti furnitur berukuran besar dengan sofa dengan penyimpanan untuk menyimpan barang-barang sehari-hari.

Para ahli mengklaim bahwa Anda dapat menyimpan sebagian besar barang di penyimpanan sofa, seperti buku, mainan, dan selimut tambahan.

4. Tidak memikirkan furnitur

Bagi mereka yang tinggal di rumah kecil atau yang mungkin mengontrak rumah, maka perhatikan furnitur dengan cermat. Sejumlah desainer interior menyarankan penggunaan furnitur modular.

Furnitur modular dirancang dengan cerdas agar fungsional dan nyaman sehingga dapat masuk ke ruang mana pun, tetapi sangat cocok untuk rumah yang membutuhkan tingkat fleksibilitas ekstra.

Jenis desain ini memungkinkan kemungkinan tak terbatas untuk kenyamanan, gaya, dan keamanan karena perabot dapat digunakan dengan berbagai cara yang unik.

5. Menghalangi cahaya alami

Banyak pemilik rumah  meletakkan sofa di depan jendela. Ini tidak selalu merupakan hal yang buruk, area jendela biasanya merupakan jebakan matahari yang disambut baik, artinya ini adalah tempat yang sempurna untuk meringkuk dengan buku sambil berjemur di bawah sinar matahari.


Namun, saat mencari sofa baru, perhatikan gayanya karena Anda perlu desain sofa profil rendah agar sinar matahari yang indah masuk.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/02/135300776/5-kesalahan-dekorasi-ruang-tamu-yang-harus-dihindari-apa-saja-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke