Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tips Menata Meja Kerja di Rumah agar Tetap Rapi dan Bikin Produktif

JAKARTA, KOMPAS.com - Meja kerja di rumah perlu ditata sedemikian rupa sehingga terorganisasi dengan baik. Hal ini akan mambantu Anda untuk lebih fokus dalam bekerja.

Meja kerja menjadi tempat untuk meletakkan berbagai barang dan dapat dengan cepat menjadi berantakan. Namun, dengan penataan yang tepat, Anda dapat menjaga meja kerja agar tetap rapi dan teratur.

Selain lebih fokus, ruangan Anda akan lebih sedap dipandang. Dilansir Real Homes, Rabu (28/6/2023), berikut ini sejumlah tips menata meja kerja agar tetap rapi dan teratur.

1. Singkirkan kekacauan

Menata meja kerja yang kecil dengan tepat bisa menjadi tantangan. Namun, menghilangkan kekacauan sejak awal akan sangat membantu.

Meja kerja dapat menjadi tempat berantakan karena dokumen dan barang-barang yang Anda gunakan setiap hari.

Menurut Jennifer Du Bois, organization expert dan pendiri Organized by Jen D, jika Anda memiliki kebiasaan menaruh barang-barang di meja kerja, hal ini bisa membantu untuk menganalisa kategori barang.

Ia menyarankan untuk menciptakan solusi penyipanan alternatif untuk barang-barang tersebut.

Menyiapkan sistem penyimpanan surat di dinding dekat meja kerja Anda atau menyediakan laci kecil untuk barang-barnag pribari mungkin bisa membantu, tutur Du Bois.

2. Membuat zona

Dengan banyaknya barang-barang penting seperti laptop, keyboard, kertas, dan pena, meja kerja bisa menjadi berantakan dengan cepat. Menetapkan zona merupakan cara yang bagus untuk menjaga segala sesuatunya tetap rapi.

Du Bois merekomendasikan untuk mengaturnya berdasarkan kategori barang.

Beberapa zona yang perlu dipertimbangkan adalah zona untuk perlengkapan menulis, barang yang paling sering digunakan, proyek yang sedang dikerjakan, barang elektronik, dan barang pribadi, katanya.

3. Mengatur ulang meja kerja secara teratur

Meja kerja akan tetap rapi dengan perawatan rutin.

Mengatur ulang di penghujung jam kerja adalah kuncinya, ujar Du Bois.

Ia menyarankan untuk membersihkan semua sampah, mengembalikan barang ke tempat yang telah ditentukan, merapikan kabel, dan menyimpan kertas-kertas. Dengan begitu, Anda akan disambut ruang kerja yang segar pada pagi hari.

4. Menambah ruang

Jika Anda kehabisan ruang, Anda dapat menciptakan lebih banyak ruang dengan memanfaatkan perabot.

Rolling cart adalah solusi yang bagus untuk meja kecil dengan ruang penyimpanan terbatas. Mereka dapat menyediakan tempat penyimpanan tambahan untuk barang-barang seperti binder, file, dan buku, sebut Du Bois.

Jika Anda masih memiliki file yang tidak dapat disimpan secara online, pertimbangkan untuk menyimpannya di tempat yang aman dan jauh dari meja kerja. Karena berukuran besar, dokumen dapat dengan cepat menghabiskan ruang di meja kerja.

Daripada menaruh dokumen penting di laci meja, Du Bois menyarankan untuk menggunakan kotak file portabel.

Anda bisa menyimpan file di meja atau di dekat meja Anda saat Anda membutuhkannya dan menyimpannya di rak buku terdekat saat tidak digunakan, saran dia.

6. Pertimbangkan alur kerja

Du Bois mengatakan, kesalahan paling umum yang ia lihat dalam penataan meja kerja adalah orang cenderung mengaturnya tanpa mempertimbangkan alur kerja mereka.

Mengatur meja Anda sesuai dengan cara Anda bekerja akan memastikan Anda memiliki semua barang penting dalam jangkauan. Hal ini benar-benar membantu efeisiensi dan produktivitas, terang dia.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/06/28/150300176/6-tips-menata-meja-kerja-di-rumah-agar-tetap-rapi-dan-bikin-produktif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke