Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tips Dekorasi Kamar Tidur Kecil agar Nyaman

JAKARTA, KOMPAS.com -  Kamar tidur perlu ditata dan didekorasi sedemikian rupa agar terasa nyaman untuk beristirahat. Penting untuk memaksimalkan ruang di kamar tidur, terlebih pada kamar tidur kecil.

Selain menata dan mendekorasinya dengan tepat, penting pula untuk menjaga kamar tidur kecil bebas dari kekacauan sehingga membantu Anda untuk tidur dengan nyenyak.

Dilansir Ideal Home, Rabu (28/6/2023), berikut ini sejumlah ide dekorasi kamar tidur kecil agar nyaman dan menarik.

1. Kreatif dengan penyimpanan

Atur furnitur di kamar tidur untuk memaksimalkan ruang. Tempatkan rak tinggi dengan bracket dekoratif, dengan keranjang yang berukuran sesuai dengan ketinggian langit-langit.

Gunakan rak majalah yang dipasang di dinding sebagai tempat buku jika tidak ada ruang untuk meja samping tempat tidur. Penting pula untuk membuat ruangan kecil terasa lapang, salah satu caranya adalah dengan meningkatkan cahaya alami.

Nic Shacklock, Head of Marketing di Online-Bedrooms.co.uk mengatakan, cobalah untuk tidak menghalangi jendela dengan headboards atau tanaman, tapi biarkan cahaya masuk agar ruangan terasa lebih luas.

2. Gunakan furnitur multifungsi

Ketika ruang terbatas, furnitur multifungsi menjadi sangat berguna. Pilihlah furnitur yang dapat berfungsi ganda, seperti ottoman yang dapat digunakan sebagai tempat duduk dan juga berfungsi sebagai tempat yang ideal untuk menyimpan selimut ekstra.

Menjaga agar perlengkapan tidur tambahan tidak terlihat membantu menciptakan ruang yang bebas dari kekacauan, yang berkontribusi untuk membuat ide kamar tidur kecil Anda terasa lebih besar.

Patricia Gibbons, Head of Merchandising and Buying di Sofa.com mengatakan kamar tidur Anda haruslah sebuah ruangan yang nyaman yang dirancang untuk relaksasi dan bersantai.

Hindari memiliki terlalu banyak furnitur dan pastikan Anda memiliki furnitur multifungsi yang bekerja ekstra keras untuk menjaga agar tidak berantakan, saran dia.

3. Pasang pencahayaan di dinding

Lampu yang dipasang di dinding dapat membantu mengosongkan ruang pada permukaan. Memanfaatkan dinding memungkinkan Anda menempatkan pencahayan tugas dengan tepat untuk menyempurnakan tata letak.

4. Cat dengan warna putih

Warnai dinding dan langit-langit dengan cat putih terbaik untuk membuka kamar tidur kecil Anda secara visual. Kemudian, lanjutkan dengan menambahkan bunga-bunga taman.

Dengan latar belakang polos, bunga-bunga tersebut tidak akan terlihat berlebihan.

Anda dapat menjadikan kain warna-warni sebagai pusat perhatian dengan seprai bermotif merah yang berani dan bantal yang kontras dengan bagian ruangan lainnya.

Pikirkan kembali tata letak kamar. Cobalah untuk mengatur tata letak kamar tidur kecil yang membuat Anda tidak terlalu merasa sesak.

Posisikan sebagian besar furnitur hanya pada satu dinding, sebaiknya pada dinding yang jarang Anda lihat saat berada di dalam ruangan agar ruangan tersebut tidak terasa penuh sesak.

Cobalah untuk meminimalkan jumlah furnitur di dalam kamar dengan menggunakan furnitur multifungsi. Sebagai contoh, gunakan bufet yang juga berfungsi sebagai meja rias.

6. Permukaan reflektif

Menggunakan permukaan reflektif dapat menciptakan ilusi ruang. Lemari pakaian berlapis cermin, wallpaper yang memantulkan cahaya, atau meja dengan cermin akan membuat ruangan terasa lebih besar dari yang sebenarnya.

Pikirkan tempat terbaik untuk memasang permukaan reflektif saat mendesain tata letak kamar tidur kecil Anda.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/06/28/122454176/6-tips-dekorasi-kamar-tidur-kecil-agar-nyaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke