Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Ide Menciptakan Ruang Makan Skandinavia yang Nyaman dan Fungsional

Hal ini karena gaya Skandinavia memiliki perpaduan warna-warna lembut yang menenangkan, garis-garis bersih dan modern, serta tambahan fungsional, tetapi nyaman yang membuat setiap ruang menjadi tempat yang ingin Anda tinggali dan habiskan waktu untuk bersantai. 

Meski dekorasi yang terinspirasi dari Skandinavia mudah diterjemahkan ke ruangan mana pun di rumah, ruang makan yang terinspirasi dari Skandinavia adalah tempat tepat untuk memulai, terutama jika mencari cara aman menumbuhkan perasaan nyaman di rumah.

Ruang makan menjadi salah satu ruang berkumpul bersama keluarga di rumah setelah hari yang panjang atau tempat pesta makan malam yang panjang dan santai atau koktail.

Beberapa ahli desainer interior Nordik berbagi cara menciptakan nuansa Skandinavia pada ruang makan. 

Dilansir dari The Spruce, Jumat (23/6/2023), berikut sejumlah ide menciptakan ruang makan Skandinavia.  

"Gunakan warna monokromatik yang sederhana untuk mewujudkan desain Skandinavia. Warna-warna netral, seperti putih, abu-abu, hitam, dan cream sangat ideal. 

Namun, Anda harus memastikan memilih warna-warna cerah untuk membuat ruang makan terasa luas dan minimalis, tak peduli berapa pun ukurannya. 

Buka jendela 

SJendela besar yang memungkinkan cahaya alami untuk masuk juga menjadi ide menciptakan ruang makan Skandinavia.

Jika tidak memiliki jendela terlalu besar di ruang makan, Anda selalu dapat memalsukan tampilan dengan melepas tirai yang tidak perlu dan menambahkan cermin untuk memantulkan cahaya masuk.

Pastikan menggunakan dekorasi modern, ringan, dan apik sserta biarkan setiap perabot memiliki ruang cukup untuk bernapas.  

Pertimbangkan tanaman hijau

Gaya Skandinavia berpegang pada alam dan memasukkannya ke desain interior, seperti tanaman hijau.

Ini bisa menjadi ide menciptakan ruang makan Skandinavia. Jika ingin menambahkan sedikit warna, menurut Stensen menggunakan tanaman dalam pot kecil atau tanaman di sudut ruangan sudah cukup. 

"Tanaman kecil tidak hanya membawa lebih banyak kepribadian pada ruangan, tapi sedikit aura dari luar juga akan terasa menenangkan," jelasnya.

Kayu sederhana dan tidak rumit

Robert Johnson, Pendiri Sawinery, menyarankan mempertimbangkan memadukan warna coklat muda dan coklat sedang pada furnitur kayu. 

Ruang makan Skandinavia harus hangat dan mengundang dengan beragam kursi kayu ek atau kursi kayu lainnya, meja besar, bunga kering, dan karya seni menarik. 

Ruang makan Skandinavia harus membangkitkan rasa nyaman dan rileks, terlebih apabila berniat menggunakan ruang untuk makan malam yang panjang.

Kursi minimalis bergaya wishbone dan kursi dengan sandaran tebu adalah pilihan tepat jika mencari sesuatu yang minimalis, tapi nyaman. 

Material cerah, tapi alami

Menurut Karl Andersson, penduduk asli Swedia dan pendiri Nordic Perspective, bahan-bahan alami yang cerah pada meja, kursi, atau lantai dapat memecah warna putih terang yang sering dilihat di dinding dan plafon ruangan Skandinavia. 

Pertimbangkan memilih kayu ringan, bahkan kaca berwarna untuk menambahkan semburat warna yang halus tanpa menjauh dari wilayah netral.

Rak buku yang berlimpah

Johson menjelaskan rak buku yang penuh dengan buku resep masakan favorit atau piring-piring khusus adalah cara sempurna menampilkan (atau menyembunyikan) kepribadian ruang makan secara halus.

Ruang makan adalah salah satu tempat paling sering diabaikan dalam hal memadukan dekorasi dan barang-barang pribadi.

Namun, memastikan ruang makan memiliki kepribadian berbeda yang sesuai dengan gaya hidup Anda adalah kunci mengadopsi prinsip-prinsip yang terinspirasi dari Skandinavia yang nyaman. 

Nah, itu sejumlah ide menciptakan ruang makan Skandinavia. Selamat mencoba!

https://www.kompas.com/homey/read/2023/06/23/191400076/8-ide-menciptakan-ruang-makan-skandinavia-yang-nyaman-dan-fungsional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke