Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perbedaan Pressure Cooker dan Panci Instan, Mana Lebih Baik?

Panci instan tak hanya digunakan koki profesional, tapi juga juru masak amatir. Namun, banyak orang yang menganggap bahwa panci instan mempunyai kegunaan yang sama dengan pressure cooker. 

Padahal, kedua alat memasak ini jelas berbeda. Untuk mengetahui lebih jauh, berikut sejumlah perbedaan pressure cooker dan panci isntan dilansir dari How Stuff Works, Senin (20/6/2023).  

Wang dan timnya menghabiskan waktu 18 bulan untuk menyempurnakan perangkat dengan atribut "atur dan lupakan" yang sama dengan crock-pot. Iterasi pertama dari panci instan dirilis di Amazon pada Oktober 2010.

Pada 2018, panci instan telah menghasilkan lebih dari US$400 juta atau sekitar Rp5,9 miliar dan telah menginspirasi ratusan buku masak serta ratusan ribu penggemar di Facebook.

Jadi, apa perbedaan pressure cooker dan panci instan? 

Siapa yang menemukan pressure cooker?

Denis Papin, fisikawan Inggris kelahiran Prancis yang dikreditkan dengan penemuan mesin uap silinder dan piston pertama serta panci presto.

Penemuannya cukup sederhana, yakni bejana tertutup dengan tutup yang rapat mengurung uap sampai tekanan tinggi dihasilkan, meningkatkan titik didih air secara signifikan.


Katup pengaman (yang juga ditemukan Papin) menghentikan kebocoran dan mencegah ledakan.

Iterasi awal dari panci presto komersial dipamerkan di New York World's Fair pada1939, sementara unit pertama yang dapat digunakan di rumah tersedia enam tahun kemudian pada 1945.

Pressure cooker bekerja menyimpan air dan uap yang sangat panas di dalam ruang tertutup, menjaga suhu internal bejana, sehingga mempercepat waktu memasak makanan yang biasanya membutuhkan waktu lama untuk disiapkan.  

Sementara panci presto zaman dulu sering mengalami ledakan, menyebabkan kekacauan, dan sering kali melukai, panci instan dirancang dengan mekanisme keamanan yang membuatnya lebih aman digunakan.

Saat ini, ada empat generasi panci instan di dunia, masing-masing lebih canggih dari yang sebelumnya. Dengan memasukkan kontrol digital ke desain panci instan, pengguna memiliki kontrol yang tampaknya tak terbatas atas sarapan, makan siang, atau makan malam.

Jadi, apa yang secara khusus dapat dilakukan dengan instant pot? 

Panci instan dapat melakukan pekerjaan memasak apa pun. Panci instan adalah pressure cooker listrik yang sudah dilengkapi dengan program masak pintar, fitur keamanan, dan layar display sudah menggunakan white LED.

Menurut deskripsi produk, dengan menekan satu tombol, pengguna dapat membuat sup iga, kacang-kacangan, nasi, unggas, yogurt, makanan penutup, dan banyak lagi dengan panci instan memakai kecepatan hingga enam kali lebih cepat daripada metode memasak standar.


Meski keduanya masih digunakan secara luas di rumah dan restoran, tidak dapat disangkal  tingkat kontrol yang Anda dapatkan dari panci instan tidak ada duanya, terutama keluaran yang lebih baru yang menyertakan integrasi Alexa dan konektivitas WiFi.

Setelah membaca instruksinya, melakukannya dan membuat jenis masakan apa pun, dari rebusan hingga yogurt, sangatlah mudah. 

Misalnya, membuat daging panggang semudah menambahkan daging dan bumbu ke dalam panci, menekan sebuah tombol dan menunggu selama 40 menit.

Jika membandingkannya dengan waktu empat hingga delapan jam yang dibutuhkan untuk menyiapkannya dengan slow cooker, Anda dapat memahami popularitas perangkat ini.

Ketika harus memilih panci instan daripada panci presto, ini semua tentang preferensi.

"Ini adalah peralatan yang sangat hebat," kata koki dan Redditor, CricketPinata, yang juga dikenal sebagai Wesley S,yang merupakan manajer dapur di Rosemary di Nashville, Tennessee, Amerika Seirkat. 

Ia mengatakan dulu memiliki penanak nasi dan panci presto, tapi sekarang hanya menggunakan panci instan untuk menjadwalkan semuanya. 

Panci instan tidak hanya menghemat waktu persiapan, tapi juga membuat dapur bebas kekacauan.

"Saya menyukai semua hal yang dapat dilakukannya. Dengan panci instan otomatis, saya dapat mengerjakan pekerjaan persiapan di tempat lain di dapur sambil menyiapkan sesuatu hingga selesai dengan sendirinya," tambah Wesley. 

Ia mengatakan, panci instan adalah alat yang sangat berguna, yang membuat hidup lebih mudah.

Meski selalu tergantung pada preferensi pribadi, fitur-fitur yang mudah digunakan dari panci isntan memberikan kesan mudah didekati dan kecerdasan inovatif yang tidak dapat ditandingi banyak perangkat dapur lainnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/06/20/085439176/perbedaan-pressure-cooker-dan-panci-instan-mana-lebih-baik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke