Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Lakukan 9 Kesalahan Ini Saat Mendekorasi Ruangan Sempit

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki rumah kecil atau apartemen studio dengan luasan terbatas bisa menjadi tantangan dalam hal dekorasi. Meskipun ada banyak keuntungan tinggal di rumah kecil, tantangannya adalah memastikan bahwa setiap perabot berfungsi tanpa membebani ruang. 

Seringkali, tantangan berat ini dapat menyebabkan kesalahan dekorasi ruangan.

Dikutip dari Hunker, Sabtu (10/6/2023), berikut beberapa kesalahan dekorasi ruangan sempit yang harus dihindari dan cara mengatasinya.

1. Berlebihan dalam penggunaan tempat penyimpanan

Di ruangan kecil, penataan sangat penting. Namun, terlalu banyak tempat penyimpanan dapat menghabiskan lebih banyak ruang daripada kekacauan yang dikandungnya.

Sebaiknya batasi tempat penyimpanan seminimal mungkin, lalu gunakan untuk memanfaatkan ruang yang tidak terlihat, seperti di bawah tempat tidur atau sofa.

Selain itu, pilih kotak penyimpanan yang ramping.

2. Memilih furnitur berskala kecil

Hanya karena Anda memiliki rumah kecil tidak berarti semua yang ada di dalamnya harus kecil. Meskipun memilih kursi empuk daripada sofa akan membebaskan ruang lantai, seringkali itu bukan pilihan yang paling praktis.

Sebagai gantinya, pilih furnitur dalam ukuran yang sesuai dengan gaya hidup Anda.


Meskipun Anda tidak dapat memasukkan penampang ukuran penuh di ruangan sempit, Anda dapat memilih sofa tanpa lengan yang lebih nyaman dan memasangkannya dengan sandaran yang dapat dipindahkan saat tidak digunakan.

3. Furnitur besar di tempat yang salah

Meja kopi yang terlalu besar membuat jalur sulit dinavigasi sementara tidak menawarkan banyak fungsi. Jauh lebih baik memasangkan sofa dengan meja yang lebih kecil.

Atau, Anda dapat menggunakan dua meja samping yang diletakkan bersebelahan, yang dapat dengan mudah dipisahkan dan digunakan di samping sofa saat Anda membutuhkan ruang ekstra.

Ini semua tentang prioritas. Jika Anda ingin memiliki tempat tidur berukuran besar di kamar tidur kecil, Anda mungkin harus merelakan meja nakas.

Selain itu, jika Anda tidak dapat memasukkan meja besar ke dalam ruang sudut yang kecil, maka gunakan meja yang ramping atau dapat dilipat.

5. Takut pada warna dan motif

Pepatah lama bahwa warna yang kuat membuat ruangan tampak lebih kecil sedikit menyesatkan.

Meskipun dinding putih atau terang dapat membuat ruangan tampak lebih terang dan mungkin sedikit lebih besar, efeknya ditiadakan oleh warna furnitur yang lebih gelap yang kebanyakan kita pilih.


Sebaliknya, bereksperimenlah dengan nuansa cerah yang membuat Anda bahagia. Tempat yang bagus untuk memulai adalah dengan wallpaper yang dapat dilepas.

6. Tidak menambahkan pencahayaan yang cukup

Lampu di atas kepala mungkin tidak cukup untuk menerangi ruangan, yang mengarah ke sudut-sudut gelap yang membuat ruangan tampak lebih kecil.

Lampu lantai bisa mengatasi masalah tersebut, terutama dengan desain yang ramping.

7. Menempatkan semua furnitur menempel di dinding

Di ruangan kecil, Anda mungkin tidak punya pilihan. Namun, jika bisa, tarik sofa beberapa inci dari dinding.

Ini adalah trik dekorator untuk membuat ruang kecil tampak lebih besar, tetapi juga memberi Anda ruang untuk menyimpan atau memajang koleksi.

8. Menggantung gorden terlalu rendah

Berbicara tentang trik desainer, inilah satu lagi yang dapat menguntungkan Anda. Posisikan batang gorden sedekat mungkin ke langit-langit.

Ini membantu "mengangkat" langit-langit secara visual untuk menciptakan ilusi ketinggian. Untuk memaksimalkan trik ini, pilih batang bening, misalnya berbahan akrilik.

9. Tidak memanfaatkan ruang dinding

Dinding bukan hanya untuk karya seni. Dinding dapat digunakan untuk memasang rak, seperti rak apung kayu, memperluas penyimpanan tanpa menghabiskan ruang lantai.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/06/10/190700076/jangan-lakukan-9-kesalahan-ini-saat-mendekorasi-ruangan-sempit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke